Sosialisasi Turnitin di BI Corner UMSU

Sosialisasi Turnitin di BI Corner UMSU

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui Pengelola Bank Indonesia adakan sosialisasi check degree of similarity (tingkat kemiripan) melalui alat Turnitin di BI Corner UMSU, Rabu (9/10)

(rzp/csp)

Rabu, 9 Oktober 2019 | 17:49

Analisadaily (Medan) – Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui Pengelola Bank Indonesia mengadakan sosialisasi tentang check degree of similarity (tingkat kemiripan) melalui alat Turnitin di BI Corner UMSU.

Check ini dilakukan sudah beberapa kali khususnya untuk mahasiswa semester tujuh ke atas dan terkhusus mahasiswa yang akan sidang skripsi.

Pengelola BI Corner, Isva Affanura Khairi mengatakan, ada banyak mahasiswa yang sudah mengecek skripsinya di perpustakaan. Data yang terekam ada 3782 file, sedangkan yang memeriksa ada 1113 mahasiswa.

"Satu mahasiswa ada beberapa file, khususnya yang angka similarity (tingkat kemiripannya) tinggi. Maka biasanya kita ajari untuk diperbaiki cara penulisannya," kata Isva, Rabu (9/10).

Dijelaskan, kepada mahasiswa penting untuk memahami bagaimana menulis skripsi yang bagus seperti cara mengutip, menjauhkan dari copy paste dari satu sumber yang online.

"Kepada mahasiswa juga diminta untuk memahami teknik parafrase, penulisan daftar pustaka seperty style APA, mendeley, zotero, bibMe," sebutnya.

Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin mengatakan, BI Corner menjadi tempat favorit bagi mahasiswa yang mengerjalan skripsi.

"Alasannya, tempatnya yang nyaman dengan komputer yang mudah akses internet," ucap Arifin.

"Iya, benar. Kami bisa seharian di BI Corner ketika mengerjakan skripsi," ungkap Eva, mahasiswa FKIP UMSU, mengamini Arifin.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar