Sistem LSP Dioperasikan Untuk Pelanggan Tegangan Rendah

Sistem LSP Dioperasikan Untuk Pelanggan Tegangan Rendah

Ilustrasi.

(jw/rzd)

Rabu, 5 September 2018 | 21:51

Analisadaily (Medan) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengoperasikan sistem Layanan Satu Pintu (LSP) untuk semua pelanggan Tegangan Rendah (TR).

General Manager (GM) PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto mengatakan, pengoperasian LSP di wilayah kerjanya adalah salah satu bentuk apresiasi dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2018.

"LSP merupakan suatu aplikasi sistem layanan terintegrasi yang menggabungkan layanan permohonan penyambungan baru, atau tambah daya dan layanan permohonan Sertifikat Laik Operasi (SLO)," katanya, Rabu (5/9).

Layanan ini disediakan PLN bekerja sama dengan Pemerintah dan Lembaga Inspeksi Teknik-Tegangan Rendah (LIT-TR). Sistem ini diyakini memberikan berbagai kemudahan kepada pelanggan, seperti prosedur praktis dan tidak rumit.

"LSP sudah diimplementasikan PLN sejak tahun 2016 pada Konsumen Bisnis dan Industri daya 100-200 kVA (kilo Volt Ampere) untuk Layanan Pasang Baru dan Tambah Daya," jelasnya.

Mulai saat ini LSP layanan Pasang Baru sudah diimplementasikan untuk seluruh Konsumen TR mulai 450 VA sampai dengan 197 kVA (di luar tarif Bisnis dan Industri daya 100-200 kVA), khusus di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan.

"Selanjutnya, LSP akan diimplementasikan di Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua," ungkapnya.

LSP diproyeksikan sebagai bentuk reformasi pelayanan yang mampu membawa rapor Getting Electricity (GE) Indonesia naik ke peringkat 38, dari  sebelumnya 49.

Getting Electricity (GE) adalah 1 dari 10 indikator yang menjadi penilaian dalam EoDB (Ease of Doing Business) yang dicanangkan World Bank untuk mengukur tingkat kemudahan berbinis di 190 negara di dunia.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar