Sikap SeGI Deli Serdang Atas Tewasnya Guru Akibat Penganiayaan

Sikap SeGI Deli Serdang Atas Tewasnya Guru Akibat Penganiayaan

Ketua Umum SeGI Deli Serdang, Mansyur Hidayat Pasaribu (kanan)

(eal)

Selasa, 6 Februari 2018 | 16:48

Analisadaily (Deli Serdang) - Meninggalnya seorang guru SMAN 1 Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mengundang perhatian banyak pihak, termasuk dari Serikat Guru Indonesia (SeGI) Deli Serdang.

Menurut Ketua Umum SeGI Deli Serdang, Mansyur Hidayat Pasaribu, penganiayaan yang berujung kematian guru bernama Ahmad Budi Cahyono, Kamis (1/2), merupakan bukti bahwa keselamatan guru terancam oleh degradasi moral anak didik.

Lebih jauh Mansyur menyebut, akibat peristiwa ini, martabat guru di Indonesia sedang dipertaruhkan.

"Masa depan pembentukan karakter bangsa sedang tercabik oleh durjananya sikap dan akhlak di kalangan anak didik kita. Sehingga kami menganggap perlu menyatakan beberapa sikap: pertama, menyatakan keprihatinan yang mendalam atas penganiayaan yang berujung kematian guru kesenian di Sampang Madura. Kedua, meminta kepada pihak kepolisian agar segera menangkap dan menahan pelaku karena sudah ada saksi yang melihat penganiayaan tersebut dan meminta agar pelaku dijerat dengan pidana umum. Ketiga, meminta pemerintah mengeluarkan regulasi yang mampu mengatasi masalah perlindungan guru dalam menjalankan tugas," sebut Mansyur di Lubuk Pakam, Selasa (6/2).

Menurutnya, Permendikbud Nomor 10 tahun 2017 tidak secara tegas memberikan kewenangan kepada satu lembaga untuk menangani masalah kriminalisasi terhadap guru. Sebab itu, dia meminta kepada pemerintah daerah dan lembaga terkait agar mengadakan koordinasi supaya kasus serupa tidak terjadi lagi.

"Kami juga meminta pemerintah agar mengagendakan reformasi pendidikan secara total, termasuk mengevaluasi manajemen pembelajaran yang mampu menjamin terbentuknya akhlak peserta didik. Masalah kenakalan remaja sudah dalam situasi darurat sehingga penanganannya harus holistik dan komprehensif," tegasnya.

(eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar