Siap-Siap! Hasil Seleksi CPNS Kemenkumham 2017 Diumumkan Malam Ini

Siap-Siap! Hasil Seleksi CPNS Kemenkumham 2017 Diumumkan Malam Ini

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly menggelar konferensi Pers hasil seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 di Gedung Sentra Mulia, Kamis (9/11).

(rel/rzp)

Kamis, 9 November 2017 | 17:09

Analisadaily (Jakarta) - Setelah melalui proses panjang seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) 2017 dalam kurun waktu beberapa bulan ini, akhirnya panitia seleksi CPNS Kemenkumham akan mengumumkan hasil seleksi. Rencananya, pengumuman dilakukan Kamis (9/11) pukul 21.00 WIB atau 00.00 WIB.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly menuturkan, demi bertujuan menyaring Putra dan Putri terbaik Indonesia untuk bekerja sebagai PNS Kemenkumham, sekaligus mengabdi kepada masyarakat dalam bekerja, proses perekrutan CPNS Kemenkumham 2017 ini bukanlah merupakan hal yang mudah dan singkat. Sebab, proses perekrutan CPNS Kemenkumham 2017 ini dilakukan secara terbuka tanpa ada tindakan berupa Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Dengan begitu, antusias masyarakat dengan lowongan perekrutan CPNS Kemenkumham 2017 cukup tinggi. Kami pun berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melakukan proses seleksi yang terbuka dan fair, tanpa memberikan celah untuk kecurangan. Kami dapat menyatakan bahwa perekrutan CPNS 2017 dilakukan secara bersih tanpa ada pungli dan kecurangan,” kata Menteri Yasonna.

Selain itu, proses seleksi CPNS Kemenkumham juga memiliki banyak tahapan persiapan dan koordinasi yang dilakukan secara intensif dengan Kementerian dan Lembaga lain yang terkait. Semisal, bekerja sama dengan aparat TNI dan Brimob yang tersebar di Indonesia.

Menkumham menjelaskan, sebagai pelaksana proses seleksi CPNS Kemenkumham, panitia seleksi CPNS Kemenkumham pusat maupun daerah ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Khususnya Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara yang berwenang mengatur kebijakan, sistem, dan prosedur seleksi CPNS ini,” tuturnya.

Adapun kepada seluruh pegawai, baik di tingkat pusat maupun 33 Kantor Wilayah Kemenkumham, Menkumham juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja kerasnya dalam melaksanakan seleksi CPNS 2017 ini.

Menteri Yasonna menjelaskan, berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan PermenPanRB No. 20 dan 24 Tahun 2017, dari jumlah 17.526 formasi hanya berhak diikuti sebanyak tiga kali formasi yaitu 51.754 peserta untuk Seleksi Kompetensi Bidang yang dilaksanakan di masing-masing Kantor Wilayah.

Kemudian panitia seleksi CPNS Kemenkumham melakukan perhitungan akhir dilakukan menggunakan pembobotan sesuai ketentuan Permen PAN-RB No. 20 Tahun 2017.  Yaitu untuk SKD 40 Persen dan SKB 60 Persen.

Sebagai informasi, sebanyak 1.116.138 calon peserta CPNS Kemenkumham 2017 yang mendaftar. Pelamar yang tersaring tercatat sebanyak 516.305 orang yang berhasil lulus tahapan verifikasi dan menjadi peserta Seleksi Kemampuan Dasar.

“Data nilai para peserta yang sejak awal sudah tersimpan di dalam sistem, selanjutnya kami serahkan kepada Panselnas untuk dilakukan proses integrasi dari keseluruhan nilai dan mengumumkan hasilnya kepada masyarakat luas,” tutur Menkumham.

Menteri Yasonna menambahkan, untuk total CPNS Kemenkumham yang diterima bekerja pada awal Januari 2018 sebanyak total 17.521 orang. Angka tersebut, terbagi berdasarkan pelamar tingkat pendidikan SMA berjumlah 14.000 orang, pelamar D3 berjumlah 30 orang, pelamar Dokter Umum  berjumlah 33 orang, dan pelamar S1 berjumlah 3.458 orang.

Alhasil dari formasi 17.526 dengan peserta Seleksi Keterampilan Bidang diikuti sebanyak 51.754 orang. Sayangnya, lowongan untuk pelamar Dokter Spesialis tidak terpenuhi dengan kuota sebanyak 5 orang dalam CPNS Kemenkumham 2017 ini.

Tak ayal, bagi para Pejuang CPNS Kemenkumham yang telah dinyatakan lulus. Menkumham mengucapkan selamat dan ditunggu kinerjanya untuk mengabdi kepada negara bersama-sama Kemenkumham. Sedangkan bagi peserta yang belum lulus jangan menjadikan ini akhir dari segalanya.

“Kami sadar bahwa masih banyak hal yang harus kami tingkatkan dalam penyelenggaraan seleksi CPNS ini. Atas segala kekurangannya kami mohon maaf dan akan terus kami lakukan peningkatan untuk ke depannya. Mari bekerja untuk Negeri! Salam Pengayoman!” Menkumham menegaskan.

(rel/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar