Sempat Hilang Kontak, 9 WNA Ditemukan Selamat

Sempat Hilang Kontak, 9 WNA Ditemukan Selamat

Sembilan warga negara asal Australia setelah ditemukan selamat, Jumat (24/8)

(jw/csp)

Jumat, 24 Agustus 2018 | 12:06

Analisadaily (Medan) - Sembilan Warga Negara Asing asal Australia putus kontak saat menaiki Kapal Motor (KM) Jaya GT 06 di perairan Pulau Nias Utara dan Pulau Banyak, Aceh Singkil pada Rabu (22/8).

"Sempat hilang, tapi akhirnya ditemukan selamat oleh keluarganya saat disusul ke Perairan Pulau Sarang Alu Kabupaten Aceh Singkil. Kondisinya semua selamat. Memang sempat hilang kontak kapalnya yang ditumpangi wisman asal Australia itu," kata Kapolres Nias, AKBP Deni Kurniawan, Jumat (24/8).

Adapun wisman asal Australia yang sempat hilang itu yakni Mal Harvey, Callum Murray, James Munro, Mark Morstead, Tim Skate, Simon Mamnix, Nicholas Skate, Dr Peter Braun, dan Hugh Gilchrist.

Deni menjelaskan, awalnya KM Jaya berangkat, Selasa (21/8) dari Pelabuhan Lahewa Kabupaten Nias Utara ke Pulau Ujung Lolok Kabupaten Aceh Singkil.

Namun, saat berada di Perairan Pulau Sarang Alu, Rabu (22/8), sekitar pukul 14.40 WIB, tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan mesin.

"Nah, saat itu nahkoda kapal, Okta Derita kemudian memerintahkan anak buah kapal atau ABK, Dulu Zai dan Leli Zebua untuk melaksanakan lego jangkar," jelasnya.

Kemudian, sekitar pukul 17.00 WIB, pihak keluarga melakukan pencarian dan ditemukan KM Jaya di Pulau Sarang Alu Kabupaten Aceh Singkil.

"Nahkoda dan penumpang ditemukan dalam keadaan selamat. Lalu penumpang dipindahkan ke Kapal pihak keluarga dan diantar ke Pulau Ujung Lolok Kabupaten Aceh Singkil," ungkap Deni.

Deni menambahkan, setelah semua WNA tersebut berhasil di selamatkan, dan diistirahatkan di salah satu resort yang ada di Pulau Ujung Lolok. "Setelah itu, mereka pun langsung pulang ke Desa Ujung Sialit Kabupaten Aceh Singkil," tambahnya.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar