Sempat Bergerak di Dua Arah, IHSG Akhirnya Ditutup Stabil

Sempat Bergerak di Dua Arah, IHSG Akhirnya Ditutup Stabil

Ilustrasi (Pixabay)

(rel/rzd)

Jumat, 1 Februari 2019 | 17:14

Analisadaily (Medan) - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Jumat (1/2), bergerak di dua arah, sebelum akhirnya ditutup stabil dengan penguatan tipis 5 poin atau 0,087% di level 6.538.

“Level tertinggi IHSG berada di level 6.581 dan level terendah berada di level 6.516,” kata Analis Pasar Modal, Gunawan Benjamin.

Dijelaskannya, kecenderungan menguatnya IHSG beberapa hari terakhir memberikan sinyal jenuh beli saham di BEI. Namun demikian, adanya pengaruh sentimen positif dari luar mengangkat IHSG dari pelemahan.

Terkait perang dagang AS dengan China, tampaknya China kembali membuka pintu perdagangannya dengan AS. China akhirnya membuka peluang AS untuk berekspansi lebih banyak. Hal ini tentunya akan menambah barang impor asal AS ke negara tirai bambu tersebut.

“Tak hanya itu, China juga akan meningkatkan kerja masa perlindungan kekayaan intelektual bersama AS. Adanya perluasan kerja sama AS dengan China ini saya yakin dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi diantara keduanya, serta berdampak positif bagi global,” ucapnya.

Dikatakan Gunawan, terpantau Indeks Shanghai menguat 1,3%, Indeks Nikkei naik tipis 0,07%, Indeks Strait Times Singapore (STI) turun 0,13%, Dow Jones turun tipis 0,061% dan Nasdaq menguat 1,37%.

Disisi lain, mata uang Rupiah stabil terhadap Dolar AS di kisaran level Rp 13.969/USD. Rupiah melemah tipis 0,09% di tengah penguatan Dolar terhadap mata uang utama lainnya seperti Yen, Won, Dolar Singapura dan Peso Philipina.

“Penguatan Dolar AS saat ini disinyalir berasal dari pertimbangan Trump dalam menaikkan Herman Cain di kursi Dewan Federal Reserve. Namun demikian, Rupiah masih dapat mengungguli Dolar AS disinyalir oleh stabilnya situasi politik dan ekonomi di Indonesia saat ini, serta inflasi yang stabil di Januari 2019 yakni sebesar 0,32%,” terangnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar