Sekolah di Langkat Diimbau Terapkan Sistem Zonasi

Sekolah di Langkat Diimbau Terapkan Sistem Zonasi

Wabup Langkat, H. Sulistianto, saat menjadi pembina apel di halaman kantor Bupati Langkat, Senin (10/7).

(hpg/rzd)

Senin, 10 Juli 2017 | 16:41

Analisadaily (Langkat) - Bupati Langkat, H. Ngogesa Sitepu, mengimbau sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Langkat untuk menerapkan sistem zonasi.

"Sehubungan dengan masa penerimaan siswa baru di sekolah sudah dimulai, saya mengimbau seluruh sekolah menerapkan sistem zonasi," dalam pidato tertulis Bupati Langkat yang dibacakan Wabup Langkat, H. Sulistianto, saat menjadi pembina apel, Senin (10/7).

Ngogesa menjelaskan, sistem zonasi adalah sistem yang mengharuskan setiap sekolah untuk menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat sekolah, paling sedikit 90 persen.

Selanjutnya, domisili yang dimaksud harus berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling lambat enam bulan sebelum pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.

Kemudian, 10 persen sisanya terbagi dalam dua kriteria, 5 persen untuk peserta didik jalur prestasi dan 5 persen untuk peserta didik yang mengalami perpindahan domisili.

"Imbauan ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 17 tahun 2017, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan atau bentuk lain yang sederajat," sebutnya.

Karena itu, Ngogesa berharap, instansi terkait harus bergerak cepat dalam menjalankan peraturan Menteri ini secara objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi, guna meningkatkan akses layanan pendidikan yang baik.

(hpg/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar