Sejumlah Bangunan di Binjai Rusak Diterjang Angin

Sejumlah Bangunan di Binjai Rusak Diterjang Angin

Pohon tumbang akibat angin kencang di Kota Binjai

(Wa/eal)

Selasa, 10 Oktober 2017 | 21:54

Analisadaily (Binjai) - Hujan deras disertai angin kencang dan petir yang melanda Kota Binjai selama lebih dari satu jam, Senin (9/10) kemarin, merusak sedikitnya 11 bangunan di wilayah itu. Jumlah tersebut meliputi sembilan rumah, satu gedung pemerintah dan satu papan reklame.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai mencatat, seluruh bangunan rusak terdiri dari lima rumah di Kecamatan Binjai Selatan, dua rumah dan satu papan reklame di Kecamatan Binjai Kota, satu rumah di Kecamatan Binjai Timur, satu rumah di Kecamatan Binjai Utara, dan amblesnya pagar Gedung Pengadilan Negeri Binjai.

Dari seluruh rumah yang mengalami kerusakan, dua diantaranya rusak berat akibat bagian atapnya lepas diterjang angin. Sedangkan tujuh lainnya rusak sedang hingga ringan akibat tertimpa pohon tumbang.

"Jika dikalkulasikan, maka total kerugian para korban mencapai Rp 43 juta," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai, Ahmad Yani, kepada Analisadaily.com via seluler, Selasa (10/10) malam.

Dalam hal ini, lanjutnya, dua rumah dengan kondisinya rusak berat berada di Jalan Pandega, Semi I, Gang Musala, Lingkungan I, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, atas nama pemilik Aryadi dan Jainap.

Di sisi lain, Ahmad Yani menyatakan, kondisi cuaca yang relatif ekstrem itu turut menyebabkan sejumlah pohon besar pelindung jalan tumbang, dan memicu banjir pada beberapa kawasan pemukiman di Kota Binjai.

Bahkan aktivitas belajar-mengajar di SMP Negeri 2 Kota Binjai terpaksa diliburkan selama sehari, menyusul adanya genangan air yang memenuhi lantai kelas dan halaman sekolah.

"Sejak kemarin malam hingga siang tadi, seluruh personel memang kita instruksikan khusus untuk membantu proses rehabilitasi, serta melakukan upaya pengeringan air dan pembersihan sampah yang menyumbat saluran drainase," serunya.

Selain itu, sambung Ahmad Yani. BPBD Kota Binjai telah pula menyalurkan bantuan dalam bentuk peralatan makan, selimut, perlengkapan mandi dan barang kebutuhan lainnya, kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan.

"Sejauh ini, situasi memang sudah bisa kita tangani. Meskipun demikian, beberapa anggota kita masih terus melakukan patroli, guna mendata dan memastikan, apakah ada lagi bangunan yang rusak akibat cuaca ekstrem kemarin," tukasnya.

(Wa/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar