Sejak 2016, Medan Zoo Tidak Memiliki Koleksi Orangutan

Sejak 2016, Medan Zoo Tidak Memiliki Koleksi Orangutan

Orangutan baru didatangkan ke Medan Zoo.

(jw/rzd)

Rabu, 20 Februari 2019 | 17:09

Analisadaily (Medan) - Kurang lebih tiga tahun, Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) yang berada di Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, tidak memiliki Orangutan.

"Sejak 2016 lalu dan baru ini masuk. Tapi, dulunya ada namanya Pongky. BKSDA yang nitip orangutan sumatera (Pongo abelii) tapi kemudian dilepas liarkan ke alamnya, karena masih produktif," kata drh. Sucitrawan, Rabu (20/2).

Sucitrawan mengungkapkan, sejak 2016 lalu, orangutan di Medan Zoo memang sudah tidak ada. Mengingat, populasi dari binatang yang dilindungi tersebut sudah sangat sedikit di hutan.

"Untuk orangutan sendiri, di Medan Zoo tidak ada, makanya kita telah menukarnya dengan harimau sumatera. Hari ini baru sampai setelah beberapa hari kita tukarkan ke Ragunan," ungkapnya.

Medan Zoo kedatangan tiga satwa baru dari Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, diantaranya sepasang orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) yang bernama Hamidah dan Diimbah, tiga ekor Pelikan Timor (Pelacanus conspicillatus) dan seekor Capybara (Hydrochoeeus hydrochaeris).

Ketiga satwa tersebut ditukarkan dengan dua ekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). Sehingga koleksi di Medan Zoo bertambah.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar