Sebagian Umat Islam di Kota Medan Laksanakan Salat Idul Adha

Sebagian Umat Islam di Kota Medan Laksanakan Salat Idul Adha

Tampak jemaah sedang melaksanakan Salat Idul Adha di halaman Kampus Institute Teknologi Medan, Selasa (21/8)

(jw/csp)

Selasa, 21 Agustus 2018 | 10:53

Analisadaily (Medan) - Sebagian masyarakat Muslim di Kota Medan melaksanakan Salat I’d Idul Adha 1439 H di halaman Kampus Institut Teknologi Medan (ITM), Selasa (21/8).

Salat I'd diselenggarakan oleh LDK Al Iqra ITM, Majelis Kajian Islam Kaffah, dan Lembaga Studi Islam Multi Dimensi Medan.

Salah satu pengurus Kajian Islam Kaffah, Tommi Abdillah mengatakan, mereka melaksanakan Salat I'd lebih awal dari pemerintah karena adanya Ikhtilaf para ulama terkait penetapan Hari Raya Idul Adha dengan menggunakan rukyatul hilal matlak, Secara lokal.

"Sebagian ulama berpendapat kita bisa menunaikan ibadah puasa Arafah sesuai lokal yang ada di tempatnya," kata Tommi.

Dalam puasa Arafah tepat 9 Dzulhijjah mereka juga menggunakan metode melihat anak bulan Ayau Rukyatul Hilal. "Tapi, ada dalil khusus dan ini yang kami ikuti yang juga diikuti sebagian besar kaum Muslimin dan ulama di dunia.

Ada sebuah hadist dari Imam Abu Daud dan dari Husain Al Haris Al Jadali mengatakan, amir penguasa Makkah pada saat itu berkhotbah, Rasulullah berpesan agar kami menunaikan ibadah haji sesuai dengan rukyatul hilal di kota Makkah.

"Bila kami tidak melihat Rukyatul Hilal anak bulan di Makkah tetap ada 2 orang adil di luar Kota Makkah, maka kami akan mengikuti 2 orang di luar kota Makkah dan kami akan melaksanakan ibadah haji," sambungnya.

Hadis tersebut menjadi penunjuk otoritas yang menetapkan ibadah haji yang ada di Haramain Makkah Mukartamah itu terjadi dari masa lalu hingga hari ini.

"Tapi walaupun demikian ini masuk dalam Ikhtilaf. Kita menghargai dan menghormati pendapat sebagian kaum muslimin yang melaksanakan ibadah Salat Id besok hari," pungkas Tommi.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar