#SaveSiJambulKuning, Purnawirawan TNI Ini Ikhlaskan 'Kaka' Kembali ke Alam

#SaveSiJambulKuning, Purnawirawan TNI Ini Ikhlaskan 'Kaka' Kembali ke Alam

(dtc)

Senin, 11 Mei 2015 | 14:36

detikNews - Jakarta, Marsekal Pertama (purn) TNI AU Wahono menyerahkan kakatua jambul kuning miliknya yang sudah dirawat sejak tahun 2000. Meski sudah bertahun-tahun 'dekat' dengan piaraannya itu, Wahono dan keluarga ikhlas mengembalikan burung langka tersebut ke alam liar.

Burung milik Wahono bernama 'Kaka' itu dijemput di kediamannya oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, yang dikomandani oleh Kelik Sarwono. Tim sempat berbincang sejenak, lalu mengurusi dokumen serah terima burung, hingga akhirnya memasukkannya ke dalam kandang.

"Sudah sejak tahun 2000 memeliharanya waktu masih dari kecil itu diberikan anak saya, dia kan pernah dinas di Irian, dan dia dapat dari temannya sebagai kenang-kenangan," kata Wahono yang didampingi istri, Hidayati, di rumahnya di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (11/5/2015).

Wahono berharap, gerakan #SaveSiJambulKuning tidak hanya sesaat saja. Upaya perlindungan terhadap satwa langka harus terus digalakkan.

"Langkah seperti itu jangan jadi hangat-hangat tahi ayam atau malah angin-anginan saja," harapnya.

"Satwa-satwa terlindungi itu memang harus dilindungi, jangan ada pamrih untuk melindungi itu dan melaksanakan fungsi tugasnya sesuai apa yang diharapkan yaitu untuk menjaga kelestarian habitat satwa langka tersebut," sambungnya.

Wahono ikhlas menyerahkan burung tersebut karena sadar dengan memeliharanya malah membuat ekosistem terganggu. Dia juga kesal melihat para penyelundup di Surabaya yang memasukkan burung tersebut ke dalam botol.

"Ya saya i‎kut mengimbau bagi yang punya atau memiliki, mohon dengan kerelaannya menyerahkan ke petugas terkait. Ini rencana pemerintah untuk melindungi sebar ke grup juga," pesannya.

Ini adalah burung ke-12 yang diterima BKSDA selama tiga hari terakhir. Sebelumnya, ada juga polisi, PNS, konsultan hingga pegawai swasta yang menyerahkan burung-burung tersebut. (mad)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar