Saut Situmorang: Penyelenggara dan Peserta Pemilu Harus Memiliki Integritas

Diskusi Publik 'Pemilih Cerdas Hasilkan Sumut Berkualitas'

Saut Situmorang: Penyelenggara dan Peserta Pemilu Harus Memiliki Integritas

Diskusi Publik dengan tema 'Pemilih Cerdas Hasilkan Sumut Berkualitas' digelar di Unimed, Rabu (14/3).

(aa/rzd)

Rabu, 14 Maret 2018 | 13:34

Analisadaily (Medan) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, menghadiri diskusi publik tentang Pemilihan Umum (Pemilu) di Universitas Negeri Medan (Unimed).

Saut hadir sebagai narasumber dalam diskusi bertema 'Pemilih Cerdas Hasilkan Sumut Berkualitas' yang digelar oleh DPD Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika Sumut.

Diskusi yang dimoderatori tokoh Sumut Rajamin Sirait itu juga hadir sebagai narasumber yakni Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, dan Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga.

Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, yang diberi kesempatan pertama untuk memaparkan materinya mengatakan, kegiatan seperti dirasa penting untuk didiskusikan. Komisioner KPU Sumut divisi teknis itu juga memaparkan tugas-tugas dari lembaganya.

"KPU hanya sebagai penyelenggara pemilu. Seleksi atau rekrutmen calon kepala daerah atau calon legeslatif itu ada pada partai politik (Parpol) tersebut," katanya, Rabu (14/3).

"Porsi terbesar itu ada di Parpol tersebut sehingga kita harapkan menghadirkan calon yang memiliki integritas. Sehingga dengan itu pemilu ini Pemilu yang cerdas," tambahnya.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam materinya meminta, seluruh warga Indonesia termasuk di dalamnya penyelenggara serta peserta Pemilu itu harus memiliki integritas dan hindari politisasi transaksional.

"Integritas itu penting. Maka dari itu kita harap masyarakat harus bersifat legaliter terhadap semua orang dalam pesta demokrasi ini," katanya.

Dalam diskusi itu turut disaksikan oleh Rektor Unimed, Syawal Gultom, didampingi para wakil rektor. Juga hadir para pejabat di lingkungan Polda Sumut, termasuk juga hadir Kapolrestabes Kota Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto.

Bahkan dalam kesempatan itu juga hadir tokoh Sumut sekaligus mantan Gubernur Sumut, Syamsul Arifin, serta tokoh-tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

(aa/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar