Santri Diharapkan Jadi Pendamai saat Pemilu

Santri Diharapkan Jadi Pendamai saat Pemilu

Penasihat Forum Komunikasi Santri Indonesia (Foksi) Sumatera Utara, Prananda Surya Paloh.

(jw/rzd)

Selasa, 29 Januari 2019 | 20:45

Analisadaily (Medan) - Penasihat Forum Komunikasi Santri Indonesia (Foksi) Sumatera Utara, Prananda Surya Paloh mengatakan, santri mempunyai peran penting terhadap kemajuan Indonesia.

"Dari zaman Indonesia belum merdeka, salah satu pergerakan santri adalah untuk memerdekakan Indonesia. Jadi jelas, salah satu kecintaan NKRI adalah peran santri," katanya saat dialog interaktif nasional pergerakan Indonesia, Selasa (29/1).

Selain itu, santri juga memiliki peran yang sentral untuk kemajuan negara ini, seperti menangkal bahaya laten dari radikalisme dan terorisme.

"Karena islam di Indonesia sangat besar dan harus memberikan contoh yang baik dengan Rahmatan Lil Al-Amin. Islam pembawa penyejuk dan pembawa damai," jelasnya.

Prananda juga mengungkapkan, dengan dikeluarkannya Perpres Nomor 22 tahun 2015 tentang penetapan Hari Santri, menegaskan bahwa ulama dan santri berperan besar dalam perjuangan merebut dan mempertahankan NKRI.

Juga mengisi kemerdekaan untuk mengenang dan meneladani serta melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela, serta mempertahankan NKRI agar berkontribusi dalam pembangunan.

"Saya meminta kepada Foksi Sumut untuk selalu menjadi penengah. Apalagi ini tahun politik, santri harus bisa menjadi pendamai. Karena kita ingin menjaga Pemilu lebih baik," ungkapnya.

Ketua DPD Foksi Sumut, Sofyan Tanjung menuturkan, Foksi merupakan organisasi dari kumpulan santri seluruh Indonesia dan sudah terbentuk dari pusat hingga ke daerah-daerah.

"Artinya, Foksi Sumut sebagai kumpulan para santri,‎ sebagai didikan setiap pondok pesatren, diajarkan agama dan berkepribadian nasionalis dalam menjunjung tinggi NKRI," tuturnya.

Sofyan berharap santri juga berperan‎ membangun negeri dan menjadi lini terdepan memberikan legitimasi dalam sistem negara Indonesia.

"Foksi Sumut sebagai wadah alumni pada santri pondok pesantren di provinsi ini, tetap berharap dukungan dari dewan penasehat pusat dan Sumut sebagai panutan. Kami juga berharap dukungan dari segala pihak," harapnya.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar