Sambut Mudik Lebaran, Sopir dan Kernet Bus Menjalani Tes Urine

Sambut Mudik Lebaran, Sopir dan Kernet Bus Menjalani Tes Urine

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumut, T. Harianja

(aa/eal)

Kamis, 7 Juni 2018 | 22:07

Analisadaily (Medan) - Dalam rangka menyambut arus mudik dan arus balik lebaran 2018, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara akan melakukan tes urine terhadap sopir dan kernet bus angkutan umum di Kota Medan

Pemeriksaan urine yang ditujukan kepada sopir dan kernet bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) ini ditandai dengan berdirinya posko y di Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris Medan.

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumut, T. Harianja mengatakan, tes urine terhadap sopir dan kernet bus angkutan mudik lebaran tahun ini bekerjasama dengan pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut.

"Kegiatan ini rutin dilakukan setiap mudik lebaran. Tujuannya tak lain agar penumpang mudik selamat selama perjalanan," kata Harianja kepada Analisadaily.com, Kamis (7/6).

Harianja menyebut, tes urine yang dilakukan oleh pihaknya bersamaan dengan Kemenkes yang melakukan cek kesehatan para sopir dan kernet bus serta Dishub yang melakukan pemeriksaan angkutan mudik lebaran atau ramp check.

"Kegiatan bersama posko mudik lebaran ini kita lakukan bersama Kemenkes dan Dishub di dua tempat angkutan jalan di Medan mulai H-5 sampai H+5 lebaran," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika nantinya ada sopir atau kernet yang kedapatan positif narkoba dan zat adiktif, maka akan dilakukan assessment.

"Hal itu kita lakukan sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi kecelakaan selama arus mudik lebaran yang disebabkan human error," tandasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar