Sambut 1 Muharam, Warga Medan Gelar Pawai Obor

Sambut 1 Muharam, Warga Medan Gelar Pawai Obor

Pawai obor

(jw/rzd)

Minggu, 1 September 2019 | 00:29

Analisadaily (Medan) – Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah yang jatuh pada 1 September 2019, ratusan warga yang berada di Jalan Dame, Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, menggelar pawai obor.

Pawai obor tersebut dilaksanakan warga usai melaksanakan ibadah Salat Isya, Sabtu (31/8), di Masjid Arrahman. Pawai obor tersebut diikuti oleh anak-anak dan para remaja.

Para peserta pawai yang telah berbaris rapi dengan memegang obor yang terbuat dari bambu kemudian berjalan secara bersama dari Masjid Arrahman, Jalan Dame, menuju Jalan Sisingamangaraja KM 10 ke arah Terminal Amplas. Kemudian para peserta pawai kembali ke Masjid Arrahman.

"Pawainya dari Jalan Dame, keluar ke arah Jalan Sisingamangaraja menuju ke Terminal Amplas dan kembali lagi ke Mesjid Arrahman," kata seorang warga sekitar, Fredy.

Fredy menuturkan, kegiatan pawai obor dalam menyambut 1 Muharram tersebut selalu rutin dilakukan oleh Remaja Masjid Arrahman dan warga setiap tahunnya.

"Pawai obor ini, rutin setiap tahunnya dilaksanakan Remaja Masjid Arrahman ini," ucapnya.

Pawai obor (jw)

Pawai obor (jw)

Sejarah 1 Muharram Tahun Baru Islam ditandai dengan peristiwa besar, yakni peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Perhitungan Tahun Baru Islam bermula di masa Umar bin Khattab R.a. tepatnya 6 tahun pasca-wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Umar bin Khatab bermusyawarah dengan para sahabat dan singkat kata, mereka pun berijma untuk menjadikan momentum dimana terjadi peristiwa hijrah Nabi sebagai awal mulai perhitungan tahun dalam Islam.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar