Saat SBY dan Mega Gantian Tak Datang ke Acara Kenegaraan

Saat SBY dan Mega Gantian Tak Datang ke Acara Kenegaraan

(dtc)

Sabtu, 15 Agustus 2015 | 16:19

detikNews - Jakarta, Ketidakhadiran Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Sidang Tahunan MPR 14 Agustus kemarin ramai dibicarakan. Banyak yang mengaitkan ketidakhadiran SBY dengan kebekuan hubungannya dengan Megawati Soekarnoputri. Entah benar atau tidak, namun Megawati juga tak pernah hadir ke Sidang Tahunan MPR selama SBY menjabat presiden.

SBY dan Megawati memang punya cerita panjang soal kebekuan hubungan keduanya. Apa yang terjadi antara Mega-SBY bermula pada tahun 2003, saat itu muncul isu SBY akan maju sebagai capres. Singkat cerita, SBY benar-benar maju sebagai capres dan menumbangkan Mega. Tak hanya sekali, kedigdayaan SBY atas Mega kembali terbukti di Pilpres 2009. 10 Tahun SBY menjadi Presiden dengan dua kali mengalahkan Mega. (Baca: Jejak Hubungan SBY-Mega di Masa Lalu)

Selama 10 tahun SBY menjadi Presiden, Mega tak pernah menghadiri sidang tahunan MPR. Mega juga tak pernah hadir di acara peringatan HUT RI di Istana Negara. Mega kerap memilih menggelar upacara di DPP PDIP di Lenteng Agung atau di Kebagusan, Jakarta Selatan. Di sejumlah acara kenegaraaan Mega juga tak hadir. Namun Mega sempat hadir saat SBY mengajaknya makan malam bersama Presiden AS Barack Obama yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Pada Sidang Tahunan MPR 14 Agustus kemarin, setelah SBY tak lagi menjadi Presiden, Megawati akhirnya datang. Di dalam Ruang Rapat Paripurna I tempat Sidang Tahunan MPR berlangsung, Presiden ke-5 ini duduk di barisan yang sama dengan Presiden ke-3 BJ Habibie dan Sinta Nuriyah Wahid, istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid. Ada bangku kosong di deretan yang sama, yang seharusnya diisi Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Di sisi lain, ada pula mantan Wakil Presiden Hamzah Haz dan Try Sutrisno.

Ya, setelah Megawati hadir, kini gantian SBY yang tak hadir. Namun bedanya dengan Mega yang tak pernah menjelaskan secara langsung, SBY berkicau di media sosial soal alasan ketidakhadirannya. SBY mengatakan tak hadir karena ingin pulang ke kampung halaman, ingin merayakan hari kemerdekaan dari Pacitan.

"Terus terang, setelah selama ini saya memperingati Hari Kemerdekaan di Jakarta, tahun ini saya ingin "pulang kampung" untuk memperingatinya di Pacitan," papar SBY di akun twitter @SBYudhoyono yang dikutip detikcom, Sabtu (15/8/2015).

Saat Sidang Tahunan MPR, SBY dan istri sedang berada di Yogyakarta, dalam rangkaian perjalanannya pulang kampung ke halaman menggunakan kereta. Dari Yogya, SBY akan ke Pacitan untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan di Monumen Jenderal Sudirman.

"Pagi ini, saya bergerak dari Yogyakarta menuju Pacitan, setelah sebelumnya dengan kereta api saya dan Ibu Ani berangkat dari Jakarta," ujar SBY tadi pagi.

Bagaimana tahun depan? Akankah SBY dan Mega hadir bersamaan di acara kenegaraan? (tor)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar