Rupiah Tembus Rp 14.900 Hingga Sesi Perdagangan Ditutup

Rupiah Tembus Rp 14.900 Hingga Sesi Perdagangan Ditutup

Ilustrasi.

Selasa, 4 September 2018 | 17:53

Analisadaily (Medan) - Kinerja mata uang Rupiah pada hari ini, Selasa (4/9), kian memburuk. Rupiah diperdagangkan di atas 14.900 hingga sesi perdagangan ditutup.

Analis Pasar Modal, Gunawan Benjamin mengatakan, pelemahan Rupiah tidak sendirian. Ada sejumlah negara berkembang lainnya yang turut mengalami pelemahan mata uangnya.

“Salah satu pemicunya adalah masih memburuknya kondisi ekonomi global,” kata Gunawan.

Dijelaskannya, ada beberapa poin yang menjadi perhatian khusus, yakni keseriusan The FED dalam menaikkan bunga acuannya. Hal ini bisa diperburuk jika hubungan dagang antar negara justru memburuk karena perang dagang tetap terjadi.

“Sejauh ini masalah eksternal masih menjadi pemicu melemahnya Rupiah. Dan sepertinya masih akan berlanjut dalam jangka pendek,” ujarnya.

Beberapa masalah internal yang akan diselesaikan pemerintah adalah dengan lebih bisa mengendalikan defisit neraca perdagangan.

Menurutnya, walaupun hal tersebut bukan perkara mudah, akan tetapi dirinya melihat upaya yang dilakukan pemerintah nantinya tidak akan memberikan dampak instan dalam menstabilkan mata uang Rupiah.

“Tetapi jika opsinya adalah menaikkan harga BBM, saya pikir hal tersebut yang secara fundamental mampu mengurangi tekanan US Dollar nantinya. Sayang opsi seperti ini masih menjadi tanya besar di saat menjelang tahun politik, dimana Pilpres berlangsung di 2019,” jelasnya.

Selain mata uang Rupiah yang melemah, pada perdagangan hari ini IHSG juga ditutup turun sebesar 1.044% di level 5.905,30. IHSG pada perdagangan hari ini masih melanjutkan tren pelemahannya dari penutupan perdagangan sebelumnya.

“IHSG masih sangat sensisitif dengan perkembangan ekonomi luar yang cenderung memicu terjadinya fluktuasi sangat lebar pada IHSG,” terang Gunawan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar