Rupiah Kembali ke Level Rp 14.000 per Dolar AS

Rupiah Kembali ke Level Rp 14.000 per Dolar AS

Ilustrasi.

(rel/rzd)

Senin, 11 Februari 2019 | 16:54

Analisadaily (Medan) - Mata uang Rupiah terhadap Dolar AS kembali menembus level Rp 14.000/USD. Rupiah diperdagangkan melemah 0,5% pada perdagangan hari ini, Senin (11/2), seiring dengan sentimen kekhawatiran pertumbuhan ekonmomi global.

“Hal ini menjadikan safe heaven obligasi AS menjadi lebih menarik dan aman dimiliki,” kata Analis Pasar Modal, Gunawan Benjamin.

Disebutkannya, perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun ini disinyalir oleh beberapa isu, diantaranya perang dagang AS yang belum jelas hingga saat ini, ditambah dengan penurunan harga minyak mentah dunia disusul oleh Brexit yang mengancam sistem ekonomi Inggris.

“Yang dikhawatirkan memberikan dampak bagi negara-negara Eropa,” ujarnya.

Di dalam negeri, lanjutnya, laporan defisit Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) 2018 memberikan sentimen negatif bagi pasar keuangan. Hal ini tentunya sejalan dengan pelemahan Rupiah di pasar valuta asing.

“Rupiah menjadi tidak menarik seiring dengan sentimen ini,” ucapnya.

Gunawan menyebut, pergerakan saham di BEI hari ini cenderung melemah. IHSG ditutup turun 0,4% atau turun 26 Poin di level 6.495. Level tertinggi IHSG berada di level 6.535 dan terendah IHSG berada di level 6.494.

Pergerakan IHSG cenderung tertahan. Hal ini terlihat dari rentang pergerakan saham yang sempit. Di samping itu, perdagangan saham hari ini tetap berjalan normal, transaksi terjadi sebesar Rp 8 triliun.

“Hal ini berada di rata-rata transaksi harian saham di BEI,” ungkapnya.

Gunawan menyebut, hanya saham sektor infrastruktur yang mampu bertahan di tengah pelemahn IHSG hari ini. Saham sektor infrastruktur ini meningkat 0,68%. Hal ini sering dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan fasilitas infrastruktur di Indonesia, sebagai sarana untuk mempercepat arus perputaran barang.

“Tak hanya IHSG yang mengalami pelemahan, indeks saham global  juga mengalami pelemahan. ATX Vienna melemah 1,25%, Dow Jones turun 0,263%, Nikkei turun 2%, NYSE turun 0,258%, dan STI turun 0,09%,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar