Rumah Ibadah Tempat Membentuk Karakter Umat

Rumah Ibadah Tempat Membentuk Karakter Umat

Gubsu Tengku Erry Nurady saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gurdwara Guru Tegh Bahadur di Jalan Polonia Medan, Minggu (12/2).

(yy/rzp)

Minggu, 12 Februari 2017 | 14:41

Analisadaily (Medan) - Agama punya peran penting dalam membentuk karakter umat. Rumah ibadah menjadi wadah yang tepat untuk pembentukan karakter umat agar religius.

Demikian disampaikan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nurady, dalam arahannya pada acara peletakan batu pertama Gurdwara Guru Tegh Bahadur, Minggu (12/2) di Jalan Polonia Medan.

"Dengan dibangunnya Gurdwara ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi pada umat guna mewujudkan kerukunan antar umat beragama di Sumut," katanya.

Tampak hadir pada kesempatan itu Konsulat Jenderal (Konjen) India di Medan, Shalia Shah, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mewakili Kapolrestabes Medan, AKBP Suharno.

Kemudian hadir juga dr Geeta, Ketua Yayasan Missi Gurdwara Medan, Hardial Singh Gill, Pembina, Dalbir Singh Kapoor dan Amarjit Singh Bhuller serta Sekretaris, Mohinder Singh.

Gubsu menuturkan, kesempatan ini hendaknya dijadikan momentum saling menghargai dan menghormati sesama. Ini juga sebagai bukti toleransi keberagaman umat di Sumut yang masih terjaga hingga saat ini.

"Semoga saja pelaksanaan pembangunan Gurdwara ini dapat diselesaikan sesuai rencana dan tepat waktu. Kami juga berharap agar umat sikh di Sumut terus meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan serta membina persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Ketua Yayasan Missi Gurdwara Medan, Hardial Singh Gill mengatakan, jumlah umat sikh yang semakin meningkat tidak dibarengi dengan ketersediaan Gurdwara. Pihak yayasan merasa perlu dilakukan pembangunan ulang Gurdwara Guru Tegh Bahadur.

Bukan itu saja, Gurdwara nantinya juga diharapkan menjadi ikon baru Kota Medan. Selain berfungsi sebagai rumah ibadah, Gurdwara nantinya juga diharapkan dapat menyedot kunjungan wiasatawan baik lokal maupun asing.

"Kita ingin nantinya Gurdwara ini selain sebagai tempat ibadah juga bisa menjadi ikon baru di Medan. Ini nantinya bakal menjadi salah satu Gurdwara terbesar di Medan," ucapnya.

Pihaknya menargetkan, pembangunan rumah ibadah ini rampung pada tahun depan. Pengurus yayasan juga akan mengusulkan pada Gubsu dan Pemko Medan agar Jalan Polonia ini nantinya diganti menjadi Jalan Gurdwara.

(yy/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar