Ruas Tol Helvetia-Merelan Bisa Dilewati Secara Gratis

Ruas Tol Helvetia-Merelan Bisa Dilewati Secara Gratis

Gerbang tol Marelan

(jw/eal)

Senin, 11 Juni 2018 | 13:58

Analisadaily (Medan) - Jalan tol Medan-Binjai ruas Helvetia-Marelan resmi dibuka hari Minggu (10/6) kemarin. Pembukaan ruas tol tersebut dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Manajer Pelaksanaan Proyek Tol Medan-Binjai, Mahar Muliawan mengatakan, dibukanya fungsional tol Helvetia-Marelan untuk menjadi jalur alternatif masyarakat yang hendak bepergian dari Marelan ke Helvetia ataupun sebaliknya.

"Dibukanya tol itu menjadi alternatif baru bagi masyarakat yang bepergian menuju Helvetia ke Marelan atau sebaliknya, terutama untuk musim mudik lebaran tahun ini," kata Mahar, Senin (11/6).

"Tol sepanjang 2,7 kilometer tersebut sudah resmi difungsikan Minggu semalam. Masyarakat yang menggunakan jalan tol tidak akan dipungut biaya untuk melintas atau gratis," sambung Mahar.

Mahar menjelaskan, ruas tol Helvetia-Marelan dibuka hingga tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1439 H. "Meski tetap harus menggunakan kartu tol, lintasan dari pintu Marelan-Helvetia digratiskan hingga H+7 lebaran," jelasnya.

Mahar mengungkapkan bahwa dari tol seksi Helvetia-Marelan, masyarakat dari Binjai maupun Sei Semayang bisa menuju Marelan dan Belawan, Tanjung Morawa, Bandara Kualanamu, Sei Rampah hingga Tebing Tinggi setelah nantinya masuk tol Belmera melalui Tanjung Mulia. Begitu juga dari arah sebaliknya.

"Sejauh ini tol Medan-Binjai yang sudah dioperasikan masih dari Binjai hingga Helvetia. Terdapat bagian yang belum rampung, yakni dari Helvetia ke Tanjung Mulia dengan jarak sekitar 7 kilometer. Sementara pembangunan tol Medan-Binjai ini tinggal menyisakan jalur Marelan-Tanjung Mulia dengan jarak sekitar 4 kilometer," ungkapnya.

"Sudah hari kedua pembukaan ruas tol Helvetia-Marelan, terlihat mulai ada peningkatan kendaraan yang melewati ruas tol tersebut," pungkas Mahar.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar