RP-APBD Sumut 2019 Diserahkan ke Mendagri

RP-APBD Sumut 2019 Diserahkan ke Mendagri

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi usai Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumut terkait Pengambilan Keputusan bersama terhadap Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (RP-APBD) 2019, Rabu (28/8)

(rzp/csp)

Rabu, 28 Agustus 2019 | 10:53

Analisadaily (Medan) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumut dalam rangka Pengambilan Keputusan bersama terhadap Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (RP-APBD) tahun 2019.

Dalam rapat diputuskan, RP-APBD Sumut diserahkan kepada Menteri Dalam Negeri. Keputusan ini disampaikan Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman, saat memimpin rapat, sebagai hasil dari tidak tercapainya qorum, sehingga pengambilan keputusan tidak dapat terjadi.

Gubernur menilai ini merupakan bagian dari proses berdemokrasi. "Tidak kuorum, Undang-Undangnya menyatakan diserahkan pada Mendagri. Jadi, keputusan DPRD untuk P-APBD ini tidak ada," kata Edy, Rabu (28/8).

Rapat paripurna Pengambilan Keputusan bersama antara DPRD Sumut dengan Gubernur terhadap RP-APBD 2019 awalnya dijadwalkan dimulai Selasa (27/8) setelah Salat Zuhur pukul 14.00 WIB. Namun, rapat harus diskor hingga pukul 16.00 WIB lebih, karena rapat tidak kuorum, hanya dihadiri 49 dari 100 anggota DPRD Sumut.

Skor pertama selama 30 menit, tetapi peserta rapat tetap tidak terpenuhi. Skor kedua dilakukan selama 30 menit lagi untuk menunggu, tetap tidak ada penambahan peserta rapat. Akhirnya, diputuskan untuk menyerahkan P-APBD Sumut tahun 2019 kepada Mendagri.

Naskah Ranperda ini segera disampaikan ke Kemendagri untuk ditindaklanjuti dan dievaluasi. Turut hadir dalam rapat tersebut anggota DPRD Sumut, unsur Forkopimda, OPD dan ASN Pemprov Sumut.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar