Rincian Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Pilgubsu

Rincian Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Pilgubsu

Tiga bakal calon di Pilgubsu jalani tes kesehatan di RSUP Adam Mailk, Medan, Kamis (11/1)

(aa/csp)

Kamis, 11 Januari 2018 | 13:32

Analisadaily (Medan) - Tiga pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada Serentak 2018 menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Adam Malik, Medan, 11-12 Januari 2018.

Ketua tim pemeriksaan kesehatan, dr Ramlan Sitompul menyampaikan, pemeriksaan meliputi tes kesehatan, tes psikologi, dan tes narkoba, yang melibatkan pihak IDI, Himpsi, dan BNN Sumut.

Dan dalam tes pemeriksaan selama empat hari ini sedikitnya melibatkan 50 dokter spesialis, 16 petugas dari Himpsi, dan 25 petugas dari BNN Sumut. Hari pertama, lanjutnya, pemeriksaan difokuskan tes psikologi.

"Pagi mereka fokus pemeriksaan di bidang psikotes dan siang ada pemeriksaan jantung serta dilanjutkan dengan foto ronsen dada," katanya kepada wartawan, Kamis (11/1).

Lebih lanjut ia mengatakan, tes pemeriksaan dilakukan secara bersama-sama untuk para bakal paslon Pilgubsu dan masih akan dilanjutkan esok hari.

"Untuk besok lebih mengarah ke medis seperti mengecek penglihatan, pendengaran, dan sebagainya, serta dari BNN seperti pemeriksaan urin," tambahnya.

Dijelaskannya, berdasarkan regulasi KPU, hasil pemerikasaan akan disampaikan pada tanggal 15-16 Januari 2018 mendatang.

"Jadi, tanggal 16 Januari 2018 baru akan kita sampaikan haslinya ke KPU. Dan, perlu kita informasikan, hasil keputusan bersifat final, mengikat, dan tidak bisa ganggu-gugat,” tambahnya.

Tiga pasangan bakal calon yang kini menjalani pemeriksaan kesehatan, diantaranya Edy Rahmayadi-Musa Rijekshah, Jopinus Ramli Saragi-Ance-Selian dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

(aa/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar