Ribuan C6 Tidak Tersalurkan, KPU Binjai Dinilai Gagal

Rabu, 9 Desember 2015 | 19:27

‎Analisadaily (Binjai) - KPU Kota Binjai dinilai gagal, pasalnya ribuan surat undangan memilih atau formulir C-6 yang seharusnya sehari sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah ditangan pemilih, namun tak kunjung tiba sampai hari pencoblosan tiba.

Akibatnya banyak masyarakat yang mendatangi kantor kelurahan masing-masing, untuk meminta formulir C-6, namun mereka tidak memperolehnya hingga hari ini, Rabu (9/12).

Menurut seorang warga Sei Mencirim, Binjai Timur, Taufik, dirinya hingga hari pencoblosan tiba tidak kunjung mendapatkan formulir C-6 dari KPPS. Bahkan, dia sudah menanyakan ke KPPS mengenai formulir C-6 miliknya dan keluarganya.

"Padahal di DPS dan DPT nama saya terdaftar. Namun saya tidak mendapatkan formulir C-6," ujar Taufik.

Di Kelurahan Pahlawan, Binjai Utara, terdapat ribuan masyarakat yang tidak mendapatkan formulir C-6. Bahkan di Kelurahan Berngam, Binjai Kota, juga terdapat ratusan masyarakat yang tidak kebagian formulir C-6. Sama juga di Kelurahan Sukamaju, Sukarame, Binjai Barat, terdapat ratusan masyarakat juga tidak mendapatkan formulir C-6.

Menurut Hendra, warga Kelurahan Payaroba, Binjai Barat, pada pemilihan kepala daerah sebelumnya, tidak pernah ada kejadian mengenai formulir C-6. Di sini dia menilai, penyelenggara Pilkada Binjai untuk tahun ini tidak bekerja profesional.

"Baru kali ini saya mendapatkan berita mengenai banyaknya formulir C-6 yang tidak tersalurkan ke pemilih. KPU Binjai sepertinya tidak bekerja maksimal. Banyaknya masyarakat yang tidak mendapatkan formulir C-6, menjadi bukti kegagalan KPU dalam melaksanakan Pilkada di Kota Binjai tahun 2015,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Binjai, Labayk Simanjorang mengatakan, memang terdapat kesalahan sistem pendataan yang dilaporkan kepada KPU, sehingga banyak masyarakat Binjai yang tidak tercatat dalam pendataan.

"Memang banyak kesalahan dalam pendataan," ungkapnya.

(hpg/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar