Relokasi Pengungsi Sinabung Harus Selesai Akhir Tahun Ini

Relokasi Pengungsi Sinabung Harus Selesai Akhir Tahun Ini

Tengku Erry Nuradi bersama Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, di Kecamatan Siosar, Kabupaten Karo, Selasa (22/08).

(jw/eal)

Selasa, 22 Agustus 2017 | 20:41

Analisadaily (Karo) - Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, menargetkan penyaluran dana untuk pengadaan perumahan dan lahan pertanian bagi 2.015 kepala keluarga (KK) atau 7.142 pengungsi erupsi Gunung Sinabung, terealisasi paling lama akhir tahun ini.

Hal itu ditegaskan Erry pada acara puncak Hari Kemanusiaan Dunia sekaligus penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, di Kecamatan Siosar, Kabupaten Karo, Selasa (22/8).

Dalam kesempatan itu, Mensos didampingi Gubsu menyerahkan secara simbolis bantuan jaminan hidup untuk 624 KK di Desa Kutarayat, Kecamatan Naman Teran, yang telah kembali dari pengungsian senilai Rp 2.164.500.000,- pemberian paket sembako sebanyak 1.011 paket untuk penghuni tetap Siosar dan penerima jaminan hidup dari Desa Kutarayat senilai Rp 202.200.000,-.

Terkait keberadaan pengungsi korban erupsi Sinabung, Gubsu dalam kesempatan itu meminta Pemkab Karo agar mempercepat proses penyaluran dana untuk tempat tinggal dan lahan pertanian. Karena masih ada ribuan pengungsi yang bertahan di 8 titik pengungsian.

"Kondisi erupsi Gunung Sinabung sejak tahun 2010 sampai dengan hari ini belum ada tanda-tanda akan berakhir. Ini menjadi perhatian kita semua. Hari ini saja masih terdapat 8 pengungsian yang dihuni 2.015 KK atau 7.142 jiwa," kata Erry.

Erry menjelaskan, korban erupsi yang sudah mendapat tempat tinggal tetap di Siosar harus bersyukur karena sudah mendapat rumah dan lahan pertanian. Selain itu, pemerintah segera melakukan tindakan penanganan yang lebih komprehensif dan sudah dikoordinasikan bahwa paling lambat akhir tahun 2017 semua pengungsi yang ada akan diberikan dana.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar