Rayakan Hari Kemerdekaan, Tidak Boleh Ada Pengutipan di Sekolah

Rayakan Hari Kemerdekaan, Tidak Boleh Ada Pengutipan di Sekolah

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar, Jumat (16/8)

(jw/csp)

Jumat, 16 Agustus 2019 | 14:47

Analisadaily (Medan) - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, setiap sekolah selalu mengadakan berbagai acara perlombaan, dan tentunya memerlukan biaya operasional.

Namun begitu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar mengatakan, meski demikian, tidak diperbolehkan melakukan pengutipan biaya dari siswa, dan itu sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 17 tahun 2010.

"Itu tidak dibenarkan pemungutan seperti itu. Sampai saat ini pihaknya belum ada menerima laporan terkait hal itu. Tetapi dari peraturan itu tidak dibenarkan dan ada regulasi yang mengatur semua itu," ucap Abyadi kepada Analisadaily.com, Jumat (16/8).

Menurut Abyadi, pengutipan boleh saja dilakukan asalkan pihak sekolah dan wali murid telah sepakat dengan pengutipan dana, jika tidak memberatkan orang tua murid.

"Jadi, intinya menurut peraturan itu tidak diperbolehkan ada pengutipan seperti itu di sekolah-sekolah. Pengutipan bisa, dengan catatan ada kesepakatan dari sekolah dan para wali murid tidak keberatan. Namun, kalau ada yang keberatan, itu tidak boleh," ungkapnya.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar