Ratusan Rumah di Binjai Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Binjai Terendam Banjir

Tujuh kelurahan di Binjai ikut terendam banjir, Sabtu (11/11)

(Wa/eal)

Sabtu, 11 November 2017 | 11:13

Analisadaily (Binjai) - Ratusan rumah di Kota Binjai terendam banjir akibat meluapnya permukaan air Sungai Bangkatan, menyusul hujan deras selama lebih dari dua jam, Jumat (10/11) malam.

Selain menggenangi rumah, ketinggian air yang mencapai 1,5 meter juga merendam kawasan pertanian dan sejumlah fasilitas umum.

"Saat hujan, sebenarnya biasa saja. Namun memasuki pukul 11 malam, air sungai naik drastis, dan akhirnya meluas ke pemukiman," ungkap Dedi (34), warga Kelurahan Sambung Dalam, yang turut menjadi korban.

Menyadari hal itu, warga pun bergegas mengungsi dan mengevakuasi sejumlah barang dan peralatan elektronik mereka ke tempat yang lebih tinggi, serta berinisiatif mendirikan dapur umum.

Data sementara yang dihimpun Analisadaily.com hingga Sabtu (11/11) pagi, lebih dari 360 keluarga di tujuh kelurahan pada dua kecamatan menjadi korban banjir.

Rinciannya itu, 200 keluarga di Kelurahan Setia dan Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, serta 160 keluarga di Kelurahan Rampung Barat, Kelurahan Binjai Estate dan Kelurahan Pujidadi, Kecamatan Binjai Selatan.

Sebagai tindaklanjut, Pemerintah Kota Binjai melalui Kecamatan Binjai Selatan dan Kecamatan Binjai Kota, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) setempat, terus mengupayakan bantuan logistik dan peralatan pendukung lainnya.

"Hasil monitoring di lapangan, dua kelurahan mendapat dampak terparah, yakni Kelurahan Setia dan kelurahan Rampung Barat," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai, Ahmad Yani.

Meski demikian, lanjut Ahmad Yani, pihaknya masih terus melalukan pendataan, guna memastikan jumlah sebenarnya korban dan kerugian akibat bencana banjir tersebut.

(Wa/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar