Ratusan Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Sumut

Ratusan Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Sumut

Seleksi calon Paskibraka Sumut.

(aa/rzd)

Selasa, 8 Mei 2018 | 20:53

Analisadaily (Medan) - Sebanyak 125 peserta mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk upacara Dirgahayu Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, M. Tohir mengatakan, seleksi seharusnya diikuti 132 peserta, seharusnya juga setiap kabupaten/kota di Sumut mengirimkan wakilnya 2 pasang (putra-putri).

"Namun ada yang mengirim 3 peserta seperti sepasang putra-putri dan satu orang putra atau putri. Jadi rinciannya yang mengikuti seleksi ini 63 putra dan 62 putri," katanya, Selasa (8/5).

Seleksi ini digelar selama tiga hari pada 7-9 Mei 2018 di Lembaga Pendidikan dan Perkebunan (LPP) Kampus Medan dan di Stadion Mini Dispora Sumut, Jalan William Iskandar, Medan.

Rekrutmen calon Paskibraka berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) Nomor 65 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Paskibraka.

Sesuai Permenpora, seleksi dilakukan secara berjenjang yang nantinya menentukan status tingkat Paskibraka seseorang, yakni Paskibraka tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

"Yang kita laksanakan ini seleksi untuk calon Paskibraka tingkat Provinsi Sumut. Nantinya dari 125 peserta ini disaring menjadi sekitar 66 orang untuk menjadi calon Paskibraka tingkat Sumut," tambahnya.

Sekitar 66 orang yang telah pilih itu nantinya tidak seluruh berpatokan dari masing-masing kabupaten/kota satu pasang.

"Bisa saja nanti satu daerah itu hanya satu orang terpilih atau bahkan satu daerah lebih dari dua orang terpilih. Karena seleksi ini berdasarkan nilai-nilai terbaik. Di luar sekitar 66 orang yang terpilih, kita juga mengirimkan 2 pasang yang terbaik untuk mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat nasional," tambahnya.

Sesuai dengan Permenpora, peserta yang terpilih harus memiliki tinggi dan berat badan yang telah ditetapkan. Untuk putra tinggi minimum 170 cm dan putri 165 cm. Sedangkan berat badan harus ideal.

Sejumlah Tes Harus Dijalani

Untuk terpilih dalam seleksi ini, ada berapa macam tes yang harus dijalani peserta sebagai bentuk penilaian selama seleksi.

Seleksi itu antara lain tes Psikotes, Parade, Peraturan Baris Berbaris (PBB), kesehatan dan kebugaran, pengetahuan umum, Samapta/Jasmani, Kesenian Daerah, serta Wawancara.

"Bentuk penilaian masing-masing item tes bervariasi mulai 5-20 persen. Dan selama seleksi ini kita melibatkan sejumlah instruktur atau pelatih dari personil TNI-Polri," ucap Tohir.

Salah satu pelatih, Lettu Kav. Bambang Suminta mengatakan, pada hari pertama para peserta sudah melakukan beberapa tes seperti tes pengetahuan umum, wawancara, Kesenian Daerah, dan lainnya.

"Di hari kedua ini mereka lebih melakukan tes yang lebih banyak menggerakkan badan seperti Parade, Samapta/Jasmani. Khusus Samapta/Jasmani lebih ke arah tes fisik seperti lari, push up, back up, sit up, dan shuttle run," tutup anggota TNI Yonkav 6/Naga Karimata itu.

(aa/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar