Putra Daerah yang Bercita-Cita Majukan SDM Batubara

Putra Daerah yang Bercita-Cita Majukan SDM Batubara

Bakal Calon Bupati Kabupaten Batubara, Drs. Darwis, M.Si

(rel/eal)

Minggu, 16 Juli 2017 | 16:23

Analisadaily (Batubara) - Kabupaten Batubara akan melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar serentak dengan beberapa daerah lain di Indonesia tahun 2018 mendatang.

Salah satu kandidat yang digadang-gadang layang memimpin kabupaten hasil pemekaran dari Asahan ini adalah Kepala Dinas Kabupaten Batubara, Drs. Darwis, M.si.

Darwis yang memiliki perawakan santun, mengaku siap untuk maju dalam pertarungan Pilkada 2018 mendatang. Dia pun memaparkan beberapa alasan yang menjadi motivasinya untuk memimpin Kabupaten Batubara.

"Khusus di bidang pekerjaan saya, yakni dunia pendidikan, banyak yang belum selesai. Pendidikan itu adalah kunci untuk mengubah cara pikir manusia. Kita sekarang tidak bisa lagi mengajar secara manual, semua sudah menggunakan IT dan itu butuh dana. Dananya sudah ada, tinggal bagaimana cara mengelolanya dengan baik. Selama ini saya belum dapatkan itu secara maksimal," kata Darwis kepada Analisadaily.com, Minggu (16/7).

"Kebutuhan tenaga pengajar juga harus kita perhatikan. Setelah itu semua terpenuhi, Insyaallah terjadilah perubahan cara pikir manusia Batubara seperti yang kita inginkan."

Lebih jauh Darwis menjelaskan, sebagai putra daerah yang selama ini mengabdi untuk tanah kelahirannya, ada rasa tanggung jawab yang ia miliki terhadap Kabupaten Batubara ke depan.

"Kalau yang memimpin ke depan tidak mengenal Batubara, bisa gawat. Contohnya, kalau ditanya berapa banyak titik payung yang ada di Kabupaten Batubara saja mereka tidak tahu, bagaimana mau memimpin kabupaten ini," paparnya.

"Lalu ada masyarakat yang mengeluh, 'Pak tolong lah bangun desa kami, Desa Guntung'. Kalau tak kenal Batubara, dia pasti bingung, karena Desa Guntung itu tidak hanya satu. Jika dia tidak kenal wilayah yang dipimpinnya, maka mustahil bisa melakukan pembangunan secara merata," tambah Darwis.

Sebelum menjadi Kepala Dinas Pendidikan, Darwis sempat menduduki posisi sebagai Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Batubara. Sebab itu, dia memahami betul seluk beluk wilayah di Kabupaten Batubara.

"Saya selalu berkeliling saat menjadi Kabid Sarpras, dari mulai Kanal sampai Tanjung Prapat, dari Sei Balai sampai Pagurawan. Bohong juga kalau saya sudah lalui semua jengkal tanah, namun setidaknya saya tahu gambaran per daerah dan apa kebutuhannya," ucapnya.

Darwis yang masih memiliki masa dinas kurang lebih sepuluh tahun lagi, mengaku siap menanggalkan jabatannya demi memperbaiki kualitas dan taraf hidup masyarakat Batubara.

Sebagai orang yang lama berkecimpung di dunia pendidikan, dia pun bercita-cita memperbanyak perguruan tinggi di Kabupaten Batubara.  Sebab, ia memiliki kalkulasi mendalam terkait pentingnya dunia pendidikan bagi masyarakat Batubara.

"Sejauh ini kami sudah dapat dua, Akademi Komunitas Batubara kerjasama dengan ITB dan Unimed, serta Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah."

"Kalau pendidikan kita cuma sampai SMA, sulit kita menjadi sejahtera. Tahun lalu kita menamatkan siswa SMA/sederajat sebanyak 5.017 orang, tahun ini ada 5.025 orang. Dari jumlah itu, 85% menyambung ke perguruan tinggi, ada yang ke Siantar, Asahan, Medan hingga ke Jawa. Artinya, ada hampir 4000 orang setiap tahun anak Batubara yang kuliah ke luar kota," jelasnya.

"Kalau per bulan orang tua mereka masing-masing mengirim Rp 1.000.000, artinya tiap bulan ada 4 miliar dana yang dikeluarkan orang Batubara untuk anaknya yang kuliah di luar kota. Lalu kalau kita bangun perguruan tinggi disini, tentu uang itu akan beredar di Batubara, bahkan uang dari luar kota juga akan masuk ke Batubara karena akan banyak mahasiswa luar yang kuliah disini," tandasnya.

Menurutnya, aspek pendidikan dan perguruan tinggi semakin penting karena akan ada banyak lapangan kerja baru yang tersedia bagi anak-anak Batubara, termasuk penduduk sekitar kampus yang akan menyediakan tempat kost.

(rel/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar