Program Kemensos di Sumut Diharap Terus Terlaksana

Program Kemensos di Sumut Diharap Terus Terlaksana

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck. (FOTO: Istimewa).

(rel/rzd)

Kamis, 14 Februari 2019 | 17:39

Analisadaily (Medan) - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, berharap penyerahan bantuan sosial (Bansos) berupa paket bahan pokok kepada 1.000 kepala keluarga (KK) masyarakat kurang mampu di Kota Medan terus terlaksana secara berkelanjutan.

Harapan ini disampaikan Ijeck, sapan akrab Musa Rejekshah, kepada Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Medan Petisah.

“Semoga, akan ada program lanjutan berikutnya dengan jumlah penerima yang lebih besar,” kata Ijeck, Kamis (14/2).

Selain penyerahan Bansos, Ijeck juga memberi saran agar ada program-program yang bersifat pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga masyarakat penerima dibekali dengan kemampuan-kemampuan yang menunjang kehidupannya sehari-hari.

“Kita melalui Dinas Sosial sedang mempersiapkan ini, dan mudah-mudahan pertemuan dengan Bapak Menteri hari ini akan berlanjut dengan koordinasi-koordinasi berikutnya. Kita di daerah ini akan jemput bola,” ucapnya.

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, setuju dengan usulan dan harapan yang telah disampaikan Ijeck untuk memperbanyak program serupa dengan jumlah penerima yang lebih banyak.

“Selama komunikasi dan koordinasi kita semua lancar, program-program serupa seperti ini bisa kita laksanakan lebih sering bersama-sama,” katanya.

Selain penyerahan Bansos, telah banyak pula program-program Kemensos sebelumnya yang telah terlaksana dalam upaya untuk menekan angka kemiskinan dan menyejahterakan kehidupan masyarakat.

“Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Pelayanan Sosial Lanjut Usia, dan lainnya,” ujarnya.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, berharap agar bantuan yang diterima 1.000 KK masyarakat kurang mampu bisa meringankan belanja kebutuhan bahan pokok warga. Saat ini masih ada sekitar 129.613 keluarga miskin di Kota Medan, 65.342 telah menjadi keluarga penerima manfaat (KPM) dari program Kemensos.

“1.000 keluarga hari ini, kita pilih yang belum menerima bansos sebelumnya dan akan kita upayakan agar lebih banyak KPM berikutnya, sehingga berkurang masyarakat miskin di Kota Medan,” jelasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar