Profil OK Arya, Bupati Batubara Dua Periode yang Ditangkap KPK

Profil OK Arya, Bupati Batubara Dua Periode yang Ditangkap KPK

Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnin. (Ist)

(jw/rzp)

Kamis, 14 September 2017 | 12:15

Analisadaily (Medan) - Kabar menggemparkan mendera Sumatera Utara. Kabar kali ini datang dari Kabupaten Batubara, salah satu kabupaten yang berdiri pada 15 Juni 2007 silam.

Sejak berdiri sebagai kabupaten, Batubara baru dipimpin oleh OK Arya Zulkarnin. Dengan kata lain, OK Arya menjabat sebagai Bupati Batubara selama dua periode, pada periode pertama 2008-2013 dan periode kedua 2013-2018.

Di akhir-akhir masa kepemimpinannya, kabar tidak sedap mendera orang nomor satu di Kabupaten Batubara tersebut. Tepat pada Rabu (13/9) kemarin, OK Arya diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Tidak sendiri, informasi dihimpun Analisadaily.com, Kamis (14/9), OK Arya diamankan bersama enam orang lainnya yang disebut-sebut kepala dinas instansi terkait dan staf pribadi, mereka masing-masing berinisial S, MS, HH, SA, AS, dan H.

Setelah diamankan KPK, OK Arya tidak langsung dibawa ke Jakarta. Ia terlebih dahulu menjalani pemeriksaan di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan. Tepatnya di lantai II ruang penyidik Tipikor Gedung Ditreskrimsus.

"Mereka pinjam ruang kita untuk melakukan pemeriksaan awal," kata Kasubdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut, AKBP Putu Yudha.

Pemeriksaan awal tersebut dilakukan KPK sebelum membawa OK Arya ke Jakarta menggunakan pesawat terbang melalu Bandara Kualanamu, Deli Serdang.

Selama kariernya, OK Arya tercatat menjabat berbagai posisi di sejumlah daerah di Sumut. Dilansir dari Wikipedia, ia pernah menjabat sebagai Kepala Sub bag Anggaran Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Medan tahun 1995, Pj. Kepala Bagian Keuangan Setdako Medan tahun 1997 dan pada tahun 1998 menjabat sebagai Kepala Keuangan Setdako Medan.

Kemudian pada tahun 2001, OK Arya menjabat sebagai Kepala Sub Bag Tata Usaha Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Deli Serdang, Kepala Bagian Keuangan Setdakab Deli Serdang, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Deli Serdang tahun 2002, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Serdang Bedagai tahun 2005.

Selanjutnya pada tahun yang sama, OK Arya diangkat sebagai pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Daerah Serdang Bedagai, dan pada tahun 2007 Sebagai Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

OK Arya lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 24 Maret 1956. Ia memiliki lima orang anak dan satu orang istri.

Sebelumnya Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, membenarkan adanya operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnain.

Febri menjelaskan, OTT yang dilakukan KPK, mengamankan tujuh orang sekaligus terkait pengurusan sejumlah proyek di Kabupaten Batubara.

"OTT dilakukan terkait dengan pengurusan sejumlah proyek di daerah tersebut. Sejumlah uang juga diamankan. Ada dari unsur penyelenggara negara atau kepala daerah, pejabat dinas dan swasta," kata Febri.

(jw/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar