Pria yang Mengaku Tuhan dan Minta Warga Bakar Alquran Ternyata Gila

Pria yang Mengaku Tuhan dan Minta Warga Bakar Alquran Ternyata Gila

(dtc)

Kamis, 27 Agustus 2015 | 13:10

detikNews - Sukabumi, Penyidik Reserse dan Kriminal Polres Sukabumi membawa tersangka penistaan agama Indra Okta Permana (35) alias Raden untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan di RSUD R Syamsudin SH, Sukabumi sekira pukul 11.15 WIB, Kamis (27/8/2015).

Hasilnya, pria yang mengaku perwujudan Tuhan dan memaksa pengikutnya membakar Alquran ini divonis menderita penyakit schizophrenia skala berat. Raden langsung dimasukan kedalam ruang Kemuning untuk penanganan penyakit kejiwaannya.

"Hasil pemeriksaan medis, dia menderita schizophrenia berat. Riwayat kesehatan juga menyebut jika lima tahun yang lalu dia pernah menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Surabaya, Jawa Timur," ujar ahli jiwa RSUD R Syamsudin SH, dr Tomy Hermansyah, kepada wartawan.

Menurut Tomy, schizophrenia sebenarnya bisa disembuhkan asalkan pengidapnya rutin memeriksakan kesehatan. Diduga karena faktor ekonomi menjadi alasan utama pelaku tak memeriksakan diri ke medis dan penyakitnya kembali kambuh. (Baca: Pria ini Mengaku Tuhan dan Sebarkan Ajaran Sesat, Juga Minta Warga Bakar Alquran)

"Gejala yang ditunjukan oleh pengidap adalah sering berhalusinasi secara berlebihan. Kemungkinan si pelaku akan kita rawat dulu," lanjut Tomy.

Di tempat yang sama, Kasatreskrim Polres Sukabumi Kota AKP Sulaeman Salim menyebut sementara pelaku akan dibantarkan sambil menunggu proses pemberkasan penyidikan rampung.

"Proses lanjut, nanti akan kita limpahkan ke kejaksaan. Nanti keputusannya bagaimana, kalau nanti ditolak kita akan gelar perkara terkait kelanjutan kasus ini," singkatnya.

Seperti diberitakan, Indra Okta Permana (35) alias Raden dijadikan tersangka penistaan agama setelah mengaku sebagai perwujudan Tuhan dan memaksa salah seorang pengikutnya membakar Alquran pada Senin (24/8). Dia dijerat pasal 156 A tentang penistaan agama dan 351 penganiayaan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. (try)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar