Presiden Vietnam, Tran Dai Quang Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Presiden Vietnam, Tran Dai Quang Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Tran Dai Quang semasa hidup (Asia One/Reuters)

Jumat, 21 September 2018 | 15:29

Analisadaily - Presiden Vietnam, Tran Dai Quang, meninggal dunia akibat sakit, Jumat (21/9). Kabar duka cita ini diumumkan oleh televisi dan radio negara. Quang merupakan satu dari tiga pemimpin teratas Vietnam.

Dilansir dari Asia One, Quang meninggal dunia di usia 61 tahun. Ia meninggal di sebuah rumah sakit militer di Hanoi.

"Meninggal setelah menderita penyakit serius, meskipun ada upaya dari para dokter dan profesor dalam dan luar negeri," laporan Vietnam Television.

Vietnam tidak memiliki penguasa penting dan secara resmi dipimpin oleh presiden, perdana menteri, dan ketua Partai Komunis. Para ahli mengatakan, kepresidenan sebagian besar bersifat seremonial.

Quang ditunjuk untuk berperan di bulan April 2016. Sebelum itu, ia menjabat sebagai Menteri Keamanan Publik, sebuah organisasi dengan kekuatan yang luas dan wewenang yang mencakup pengumpulan intelijen dan menggagalkan ancaman domestik dan asing terhadap partai.

Berasal dari komunitas pertanian kecil 115 km (70 mil) selatan Hanoi, Quang naik melalui pangkat partai untuk menjadi seorang jenderal polisi, dan anggota Politbiro pengambilan keputusan yang kuat di Vietnam.

"Kami sedih mendengar berita bahwa presiden telah meninggal," kata Bui Duc Phi, ketua desa tempat Quang dilahirkan.

Rumor penyakit Quang telah berputar-putar di media sosial selama berbulan-bulan.

Pada salah satu penampilan terakhirnya, saat kunjungan Presiden Indonesia, Joko Widodo, ke Hanoi pada 11 September, Quang tampak tidak sehat dan tersandung ketika dia melangkah ke panggung untuk memeriksa penjaga kehormatan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar