PPDB di Sumut 90 Persen Sistem Zonasi

PPDB di Sumut 90 Persen Sistem Zonasi

Kadis Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis.

(rel/rzd)

Kamis, 9 Mei 2019 | 12:21

Analisadaily (Medan) - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Sumut), Arsyad Lubis mengatakan, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sumut menggunakan sistem online dan sudah dimulai dari tahun 2017.

Arsyad berharap, pada tahun 2019 ini tidak banyak persoalan dalam menerima anak didik melalui sistem online.

“Untuk tahun ini ada yang berbeda dalam penerimaan PPDB. Kita menggunakan zonasi 90 persen. Siswa yang dekat rumahnya dengan sekolah, berpeluang masuk sekolah tersebut,” katanya, Kamis (9/5).

Arsyad menjelaskan, tujuan zonasi untuk memangkas biaya calon anak didik agar tidak perlu lagi keluar ongkos, dan orang tua juga bisa mengawasi anaknya. Juga membuat anak tidak terkelompok-kelompok.

“Selama ini, misalnya ada sekolah favorit yang anak-anaknya kebanyakan pintar. Ada sekolah di pinggiran yang anak-anaknya kurang pintar. Nah, dengan sistem zonasi semua hilang. Jadi, semua sekolah menjadi unggul dan favorit,” jelasnya.

Arsyad menuturkan, penerapan zonasi 90 persen ini mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Apalagi, sejalan dengan visi-misi Gubernur Sumut yang fokus terhadap dunia pendidikan.

“Gubernur kita ingin mengelola anak-anak yang betul-betul pintar,” ujarnya.

Selain masalah zonasi, prestasi juga sangat menentukan agar dapat diterima. Gunanya untuk menentukan sekolah, dan nanti akan diatur oleh peraturan Gubernur.

“Misalnya, Medan hanya SMA 1,2345 saja. Sementara kabupaten hanya satu sekolah satu kabupaten, karena dipengaruhi oleh akreditas atau jumlah siswa yang diterima, maka prosea ini sedang berjalan sesuai Pergub,” terangnya.

Arsyad menegaskan, saat ini tidak boleh menambah-nambah persyaratan yang tidak diatur Pergub dengan menerima uang.

“PPDB tidak boleh dikenakan biaya. Jadi jika ada yang melakukan tersebut akan kita tindak tegas,” tandasnya.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar