Potensi Pelapak Bukalapak di Medan Cukup Besar

Potensi Pelapak Bukalapak di Medan Cukup Besar

Head of Community Management Bukalapak, Muhammad Fikri.

(rzp/eal)

Senin, 19 Februari 2018 | 22:02

Analisadaily (Medan) - Head of Community Management Bukalapak, Muhammad Fikri mengatakan, potensi pelapak Bukalapak di Kota Medan cukup besar. Sebab, banyak produk-produk lokal di Medan, terutama kuliner.

"Tidak hanya itu, faktor budaya juga sangat menentukan seberapa cepat peningkatan kualitas mereka. Kalau saya perhatikan, orang Medan senang ngumpul, orang Medan lebih terbuka, Kalau ada masalah bisa diselesaikan dengan cepat," kata Fikri dalam acara BukaTalks dengan tema 'UMKM Go Online Menuju 2020' di Atrium Focal Point, Medan, Senin (19/2).

Dalam acara yang dihadiri ratusan peserta itu, Fikri menyebut, di Medan ada sekitar puluhan ribu jumlah pelapak. Jika melihat data, potensinya akan terus tumbuh besar karena Medan salah satu kota yang dikelilingi oleh kabupaten-kabupaten dengan produk lokal yang khas.

"Pertumbuhan pelapak di Medan cukup signifikan perkembangannya. Bisa dilihat dari pertumbuhan pelapak di Bukalapak secara nasional sekitar 2,4 juta lebih. Pelapak yang paling banyak di Medan bergerak di bidang fashion dan lifestyle," sebutnya.

Diungkapkan Fikri, Bukalapak selalu memberdayakan UMKM lewat komunitas. Uniknya, komunitas Bukalapak yang sekarang berjumlah lebih dari 83 komunitas di seluruh Indonesia, sudah secara independen biasa membuat seminar dan sharing sendiri. 

"Kita di Bukalapak terus mendukung UMKM Indonesia bersama-sama, dengan berbagai upaya agar para pebisnis kecil bisa terus berkembang," ujarnya.

Di acara BukaTalks di Medan ini, Bukalapak menghadirkan Bobby sebagai pembicara. Alasannya, karena Bobby salah satu penggerak UMKM yang dapat dapat memberikan pengaruh dan memberikan inspirasi bagi para pelapak lainnya.

"Karena di usia muda, Mas Bobby bisa sukses. harapannya bisa memberikan isnpirasi bagi para pelapak di Medan," tandas Fikri.

Tidak hanya Fikri dan Bobby. Di acara BukaTalks ini, Bukalapak juga menghadirkan Kepala JNE Cabang Medan, Fikri Al Haq Fachryana, yang membahas soal perdagangan online logistik sangat berperan.

Kemudian juga Om Jhoony, sebagai seorang Entrepreneur dan Owner dari Shuma Indonesia yang membahas strategi membawa brand ke dunia online dan Om Amin, Ranger Komunitas Bukalapak Medan, yang membahas semangat gotong royong tidak boleh dilupakan.

BukaTalks merupakan sebuah inisiatif berbentuk forum diskusi yang diadakan di setiap minggu nya dengan narasumber yang inspiratif, kreatif, dan inovatif. Melalui acara BukaTalks kali ini, Bukalapak mengundang para pelaku dan calon pebisnis UMKM agar mendapat pandangan baru mengenai dunia bisnis online.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar