Poltekpar Medan Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Melalui Kegiatan Pengembangan Diri

Poltekpar Medan Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Melalui Kegiatan Pengembangan Diri

Kegiatan pengembangan diri (Ist)

(rel/rzd)

Senin, 19 Agustus 2019 | 11:13

Analisadaily (Medan) – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan melalui Unit Bimbingan Konseling mengelar Guest Lecture dengan tema  ‘Pengembangan Diri Sebagai Insan Pariwisata’. Kegiatan digelar di Gedung Serba Guna Poltekpar Medan, dan diutamakan untuk mahasiswa baru.

“Pola belajar di Poltekpar Medan berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya. Mahasiswa membutuhkan motivasi yang tinggi untuk mengikuti seluruh proses belajar mengajar,” kata Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Anwari Masatip, Senin (19/8).

Kegiatan ini diikuti 505 mahasiswa basic (mahasiswa baru). Dalam kegiatan ini hadir narasumber dari Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, Prof Irmawati, yang menyampaikan paparan terkait bagaimana cara untuk memotivasi diri sendiri.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Pariwisata Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, langkah ini sangat tepat, mengingat para mahasiswa baru sedang mengalami perubahan dari seorang siswa Sekolah Menengah.

Kemudian ada juga beralih program studi dari kampus lain, dan bahkan sudah sempat bekerja, kini harus siap dengan peran barunya menjadi mahasiswa sebagai insan pariwisata. Mereka harus diberikan pembekalan dan pengarahan serta dimotivasi dengan baik dan benar.

“Sehingga proses pembelajaran diikuti dapat berjalan dengan baik nantinya,” ucap Ni Wayan.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa/i baru mendapatkan bimbingan motivasi belajar sehubungan dengan peran barunya sebagai mahasiswa, yang dibekali untuk menjadi insan-insan pariwisata nantinya.

Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya menambahkan, untuk mencapai sebuah keberhasilan harus direncanakan dengan baik. Mahasiswa tidak hanya dibekali dengan ESQ dan sertifikasi, tetapi motivasi merupakan salah satu hal yang harus ditingkatkan.

“Dengan motivasi belajar yang tinggi akan mendorong para mahasiswa untuk terus bersemangat dalam belajar dan berkarya di bidang pariwisata,” sebutnya.

Sumber daya manusia yang terbentuk nantinya tidak hanya kompeten, tetapi juga memiliki semangat dan motivasi yang tinggi menjadi insan pariwisata. Mereka diharapkan nantinya akan membantu dalam pengembangan kawasan super destinasi prioritas Danau Toba, mengingat lokasi yang sangat dekat.

Kegiatan ini selanjutnya akan diupayakan untuk dilakukan secara rutin dan diharapkan dapat diberikan bagi seluruh mahasiswa Poltekpar Medan.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar