Polisi Tembak Mati 3 Pimpinan Begal di Medan

Polisi Tembak Mati 3 Pimpinan Begal di Medan

Pelaku begal yang diamankan polisi.

(jw/rzd)

Jumat, 29 Desember 2017 | 19:22

Analisadaily (Medan) - Pihak Polrestabes Medan kembali memberi tindakan tegas kepada tiga orang diduga sebagai pimpinan kelompok begal yang sering beraksi di sejumlah kawasan di Kota Medan. Ketiganya tewas diterjang timah panas petugas.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, kawanan begal yang diungkap petugas adalah kelompok Egi Cs, Serak Cs, dan Raja Cs. Tiga orang yang diduga sebagai pimpinan atau otak pelaku dalam kelompok ini ditembak mati, yaitu M Egi Rival alias Egi (23) warga Jalan Rawa Cangkuk IV Gang Keluarga, Safaruddin Siregar alias Serak (38) warga Jalan Denai Gang Muslim, dan Raja Amin Siregar alias Raja (33) warga Jalan Beringin Pasar VII Gang Duku.

"Mereka melakukan perlawanan, sehingga diberi tindakan tegas," kata Kapolrestabes Medan saat paparan di depan Kamar Jenazah RS. Bhayangkara Medan, Jumat (29/12).

Dadang menjelaskan, dari ketiga orang yang ditembak mati tersebut petugas juga berhasil mengungkap kelompok begal yang terekam CCTV saat menyeret-nyeret korbannya beberapa waktu lalu.

"Dari tiga kelompok ini ada yang aksinya terekam CCTV mereka menyeret-nyeret dan menabrak korban yang mempertahankan tasnya di Jalan Mabar pada 13 Desember 2017 lalu. Bahkan dalam setiap aksinya, mereka tidak segan-segan melukai korban," jelasnya.

Selain ketiganya, polisi juga menangkap masing-masing 1 pelaku di tiap kelompok. Pada kelompok Egi Cs, diringkus Arif Fadilah alias Kibo (26), warga Jalan Pasar III Tembung Gang Alimarta.

Di kelompok Serak Cs, juga ditangkap satu pelaku lain, yaitu M Ihsan Siregar alias Ihsan (27), warga Jalan Beringin Pasar VII Tembung. Sementara di kelompok Raja Cs diringkus M Ridho Padang alias Ridho (24), warga Jalan Rawa Cangkuk IV.

Selain yang tertangkap dan tewas, juga terdapat 6 orang anggota kelompok yang telah masuk dalam DPO. Di kelompok Egi Cs, polisi memburu JM dan PT. Di kelompok Serak Cs, 2 orang yang masih diburu yaitu NM dan PT. Sementara di kelompok Raja Cs, masih ada ND dan BG yang belum tertangkap.

Saat memaparkan pengungkapan tiga kelompok ini, Dadang juga memberikan peringatan keras kepada para begal di Medan. 

"Para tersangka dikenakan dengan Pasal 365 KUHPidana karena telah melakukan pencurian dengan kekerasan," pungkas Kapolrestabes Medan.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar