Polisi Ringkus Empat Bocah Pengedar Uang Palsu

Polisi Ringkus Empat Bocah Pengedar Uang Palsu

Tiga dari empat pelaku pembuatan uang palsu diamankan di Mapolsek Medan Kota
 

(jw/eal)

Jumat, 5 Januari 2018 | 16:58

Analisadaily (Medan) - Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Kota mengamankan para pelaku pengedar uang palsu ketika sedang beraksi di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Kapolsek Medan Kota, Kompol Martuasah Tobing mengatakan, ada empat pelaku yang diamankan, yakni YIA (19) warga Jalan Delitua Pasar I Perumahan Deli Kencana, R (18) warga Jalan Delitua Pasar I, Kelurahan Candi Rejo, Kecamatan Sibiru-biru, AAL (18) warga Desa Dalu, Kecamatan Tanjung Morawa dan RRP (20) warga Jalan Aman, Gang Beringin, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota.

"Awalnya kita mengamankan dua orang yaitu Yusril dan Rivaldo yang sedang mengedarkan uang palsu dengan cara membeli bensin menggunakan uang palsu pecahan Rp 50 ribu pada Rabu (3/1) sekitar pukul 21.30 WIB di Jalan SM. Raja. Dari tangan keduanya kita amankan 5 lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu," kata Martuasah di Mapolsek Medan Kota, Jumat (5/1).

Lanjut, Martuasah menjelaskan, setelah mengamankan kedua pelaku tersebut, kemudian petugas melakukan pengembangan dan diketahui YIA mendapat uang tersebut dari RRP. Dari hasil interogasi, kemudian tim melakukan pengembangan dan sekitar pukul 23.45 WIB petugas mengamankan AAL.

Barang bukti alat pembuat uang palsu

Barang bukti alat pembuat uang palsu

"Tim kemudian melakukan pencarian dan sekitar pukul 02.15 WIB tim kembali mengamankan RRP di dalam kamar kostnya yang berada di Jalan Menteng Raya 7," jelasnya.

Pada saat penggeledahan di dalam kamar kost RRP, petugas menemukan alat cetak atau printer untuk membuat uang palsu lengkap dengan peralatan lain seperti kertas tipis dan tinta warna warni.

"Atas perbuatannya, para pelaku telah melanggar UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang serta Pasal 244 dan 245 KUHP. Ancaman hukuman 15 tahun," pungkas Martuasah.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar