Polisi Amankan Bahan Peledak Seberat 30 Kilogram

Polisi Amankan Bahan Peledak Seberat 30 Kilogram

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, memberikan keterangan terkait terduga teroris di Sibolga, Rabu (13/3)

(jw/csp)

Rabu, 13 Maret 2019 | 12:35

Analisadaily (Medan) - Kepolisian yang melakukan evakuasi pasca ledakan bom di rumah terduga teroris di Jalan Cendrawasih, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Rabu (13/3), mengamankan bahan peledak seberat 30 Kilogram.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, membenarkan soal bahan peledak yang diamankan. Ia mengatakan, bahan yang di dapat sama seperti yang disita petugas dari pelaku R alias P di Lampung, Sabtu (9/3) kemarin.

"Namun, yang di Lampung bom lontong tidak sebanyak itu. Di Sibolga ada yang sudah terakit ataupun belum terakit," kata Dedi Prasetyo di Medan, Rabu (13/3).

Dedi menjelaskan, daya ledak bom lontong tersebut tergolong besar. Bom dirakit dari potasium, pipa paralon, paku, mur dan baut dan sasaran mereka itu adalah aparat keamanan. "Tujuan mereka adalah Amaliah, sasarannya aparat keamanan," jelasnya.

Masih kata Dedi, dalam penangkapan petugas mengamankan tiga orang yang merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"Target mereka aparat keamanan karena kita sudah 20 tahun memerangi mereka. Karena ini musuh bersama. Tim yang berada di lokasi juga sudah mengevakuasi warga sekitar agar tidak ada korban lagi," ungkapnya.

"Saat ini tim sedang melakukan sterilisasi di lokasi. Labfor dan Inafis akan melakukan olah TKP. Kita belum berani masuk ke karena masih ada benda-benda yang diduga bom yang bisa membahayakan keselamatan petugas," tambah Dedi.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar