Polda Sumut Gagalkan Penyelundupan 33,5 Kg Sabu dan 13.500 Butir Ekstasi Asal Malaysia

Polda Sumut Gagalkan Penyelundupan 33,5 Kg Sabu dan 13.500 Butir Ekstasi Asal Malaysia

Keterangan pers kasus narkoba di Mapolda Sumut, Rabu (27/2).

(jw/rzd)

Rabu, 27 Februari 2019 | 21:12

Analisadaily (Medan) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 33,5 kilogram dan 13.500 butir pil ekstasi dari Malaysia. Polisi juga mengamankan tiga orang pelaku yang berperan sebagai kurir.

“Penangkapan tersebut dilakukan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumut di tiga lokasi berbeda. Pelaku yang diamankan berinisial JI, S, dan VS,” kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, di Mapoldasu, Rabu (27/2).

Penangkapan tersebut dilakukan dari 22 sampai 24 Februari 2019. Penangkapan pertama dilakukan pada Jumat (22/2) sekitar pukul 07.00 WIB atas adanya informasi dari masyarakat yang menyebut satu unit mobil sedang membawa sabu melintas di kawasan Matapao, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Saat dilakukan penggeledahan, dari mobil yang dikemudikan oleh tersangka JI, ditemukan sabu seberat 26,5 kilogram. 15 bungkus plastik teh Cina merk Qing Shan seberat 15 kilogram sabu, 7 bungkus plastik kopi Malaysia merek Alicafe berisi 7 kilogram sabu, dan 5 bungkus plastik transparan berisi 4,5 kilogram sabu.

“Selain itu juga ditemukan 13.500 butir pil ekstasi merek Kenzo warna oranye yang disembunyikan dalam 3 bungkus kemasan aluminium foil,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kapolda menuturkan, saat dibawa untuk pengembangan, JI berupaya melakukan perlawanan, sehingga harus dilumpuhkan dengan tembakan pada kaki sebelah kirinya, lalu diboyong ke Mapoldasu.

Dari keterangan JI, diketahui ada seorang pria yang akan membawa sabu dari Tanjung Balai menuju Medan. Kemudian petugas melakukan penangkapan yang kedua pada Minggu (24/2) sekitar pukul 01.00 WIB di Jalan Medan-Tanjung Morawa, tepatnya di luar pintu Tol Tanjung Morawa.

Dalam penangkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan tersangka S, beserta barang bukti 5 kilogram sabu yang dibungkus dalam kemasan teh Guan Yin Wang. Pelaku yang saat itu hendak diamankan mencoba melawan, sehingga petugas melumpuhkannya dengan tembakan terarah dan terukur di bagian kaki kanan.

Dari keterangan pelaku S, akan ada satu orang pria berinisial VS di Binjai yang akan menerima sabu dari Riau, sehingga petugas kemudian melakukan pengejaran terhadap pelaku VS. Dari hasil pengembangan itu, petugas menangkap VS di Jalan Gatot Subroto, Kota Binjai, pukul 14.30 WIB dan ditemukan barang bukti sabu seberat 2 kilogram.

“Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 114  Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya pidana mati, pidana seumur hidup, dan denda Rp 1 miliar hingga Rp 10 miliar,” tegas Kapolda.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar