Polda Sumut Beberkan Identitas Pelaku Penyebar Hoax

Polda Sumut Beberkan Identitas Pelaku Penyebar Hoax

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, memberikan keterangan, Jumat (22/3)

(jw/csp)

Jumat, 22 Maret 2019 | 13:49

Analisadaily (Medan) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara akhirnya mengamankan dua orang pelaku penyebar hoax surat suara 01 yang tercoblos. Kedua pelaku merupakan warga Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, pelakunya Usep Riyana (27) warga Kampung Citapen, Desa Suka Jata Kecamatan Sukatani, Purwakarta, dan Andi Kusmana (25) warga Desa Situmandala Kecamatan Rancah, Ciamis.

Usep diamankan karena dirinya menyebar vidio hoax yang memuat kata-kata 'Memang keparat kau KPU di Sumatera Utara Surat Suara Tercoblos 01 semuah..? isi videonya di facebook-nya atas nama Muhamad Adrian. Posting-an dilaporkan KPU Sumatera Utara, Minggu 3 Maret 2019.

Andi Kusmana menyebarkan vidio hoax yang memuat kata-kata "KPU Medan di Grebek Warga Sedang mencoblos Surat suara 01 kecurangan sudah mulai terlihat secara nyata...keburukan petahana kebusukan rezim jokowi dan kualisinya mulai terbongkar. Penguasa Bangsat".

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, kedua pelaku ini tidak ada hubungannya. Namun, dari pemeriksaan mereka relawan dari salah satu pasangan calon presiden.

"Mereka ini adalah relawan dari salah satu Paslon presiden. Mereka  merasa calon Presiden mereka telah dicurangi KPU Sumatera Utara. Padahal, itu merupakan video lama yang mereka dapat di media sosial," jelasnya.

Tatan mengungkapkan, mereka ditangkap dalam waktu yang berbeda. Motif kedua pelaku sama, menyebarkan video kerusuhan waktu Pilkada di Tapanuli Utara 2018. Kemudian mengeditnya dengan menambahkan kata-kata dan mem-posting ke media sosial.

"Atas perbuatan mereka. Keduanya dijerat dengan 28 (2) jo Pasal 45a (2) UU RI No 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE Subsider Pasal 14 (1) UU RI No 1 Tahun 1946," ujar Tatan.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar