PKKMB STIK-P Fokus Bangun Rasa Memiliki

PKKMB STIK-P Fokus Bangun Rasa Memiliki

Pembukaan PKKMB STIK-P, Rabu (19/9)

(rel/rzd)

Rabu, 19 September 2018 | 20:39

Analisadaily (Medan) - Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan resmi dibuka Ketua STIK-P, Dr H Sakhyan Asmara MSP.

Kegiatan yang bertujuan mengenalkan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru STIK-P itu digelar berbeda dengan perguruan tinggi lain. Bila mungkin masih ada yang menyisipkan ‘perploncoan’ atau kekerasan, maka STIK-P lebih fokus membangun rasa memiliki dan pembentukan karakter peserta PKKMB.

Demikian disampaikan Dr H Sakhyan Asmara MSP dalam sambutannya pada pembukaan PKKMB STIK-P 2018 di aula kampus, Jalan SM Raja Medan. Mantan Staf Ahli Kemenpora ini menjelaskan, melalui PKKMB, mahasiswa baru bisa mengetahui proses belajar mengajar di perguruan tinggi yang berbeda dengan SLTA.

"Jadi memang kalian akan mendapatkan pembelajaran baru sebagai mahasiswa. Untuk itu pula, hal-hal yang berkaitan semasa SLTA seperti proses pembelajaran harus ditinggalkan. Dengan membangun rasa memiliki, maka hal itu akan mempermudah proses kuliah nanti," katanya, Rabu (19/9).

Sakhyan menilai, mahasiswa baru yang benar-benar ingin terjun ke dunia komunikasi, maka studi di STIK-P merupakan pilihan tepat. Karena di kampus ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pembelajaran berupa teori, tapi juga praktik baik di bidang jurnalistik, public relations maupun broadcasting.

"Selain itu, banyak alumni STIK-P sudah bekerja dan menempati posisi strategis. Ini tentu karena banyak alumni STIK-P yang memang memiliki kompetensi di bidangnya," katanya.

Ketua Panitia PKKMB, Austin Tumengkol SSos MIKom melaporkan, kegiatan dibuka pada Rabu (19/9) dan berakhir Sabtu (22/9). Selama empat hari, mahasiswa akan dibekali berbagai ceramah akademik, kemahasiswaan, sistem belajar di perguruan tinggi, pengenalan UKM serta mendapat tambahan wawasan dari praktisi di ketiga jurusan yang ada di STIK-P.

“Para pemateri tamu nantinya juga merupakan alumni STIK-P yang sukses di bidang masing-masing. Sebut saja Brata Saragih (presenter/mantan penyiar), Kadri Boy L Tarigan (fotografer) didampingi dosen fotografi Ferdy Siregar SE MIKom, Sri Wana Sari (reporter TVOne), dan lainnya,” sebut Austin. 

Sebelum penutupan, peserta PKKMB akan mengikuti kegiatan outbound di Bumi Perkemahan Cadika pada Sabtu (22/9).

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar