Pilkada 2018, Bawaslu Akan Gandeng Tim Cyber Crime Polda Sumut

Pilkada 2018, Bawaslu Akan Gandeng Tim Cyber Crime Polda Sumut

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R. Rasahan.

(aa/rzp)

Rabu, 11 Oktober 2017 | 14:34

Analisadaily (Medan) - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara, Syafrida R. Rasahan mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak penegak hukum di Sumut perihal pelanggaran hukum dalam Pemilu.

Ia menyebutkan, kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan pihak hukum sudah dilakukan sejak jauh hari sebelum pelaksanaan tahun politik, yakni Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

"Kita sudah lama bekerja sama dengan para penegak hukum seperti pengadilan, kepolisian, dan pihak lainnya, dalam hal pelanggaran-pelanggaran Pemilu, sesuai amanah undang-undang pelanggaran, termasuk hukum pidana," katanya kepada Analisadaily.com, Rabu (11/10).

Lanjutnya, pihaknya tengah menjajaki untuk menggandeng pihak Polda Sumut khususnya unit Cyber Crime, menjelang Pilkada serentak di Sumut tahun depan.

"Kami coba akan menggandeng unit Cyber Crime Polda Sumut, yang mana untuk menyikapi kemungkinan terjadinya pelanggaran Pemilu, terutama di ranah media sosial yang mana dewasa ini sedang maraknya kejahatan di dunia maya," ucapnya.

"Secepatnya kami akan melakukan kerja sama itu, karena Pilkada serentak tahun depan sudah ada di depan mata," tambahnya.

Bawaslu Sumut (aa)

Bawaslu Sumut (aa)

Pengawasan Parpol

Lebih lanjut Syafrida mengatakan, pihaknya bersama Panwas Kabupaten/Kota di Sumut tengah melakukan pengawasan verifikasi partai politik (Parpol) yang akan bertarung dalam Pemilu 2019 mendatang.

"Pengawasan verifikasi parpol itu juga merupakan tupoksi kami, di mana saat ini parpol di kabupaten/kota sedang melakukan penyerahan dokumen untuk menjadi peserta pemilu 2019 dan kami hadir untuk mengawasi itu," tuturnya.

(aa/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar