Peserta Pilkada 8 Kabupaten/Kota Se-Sumut Jalani Tes Kesehatan

Peserta Pilkada 8 Kabupaten/Kota Se-Sumut Jalani Tes Kesehatan

Ketua tim pemeriksaan kesehatan Pilkada Sumut 2018, dr. Ramlan Sitompul

(aa/eal)

Minggu, 14 Januari 2018 | 15:38

Analisadaily (Medan) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan telah melakukan tes pemeriksaan kesehatan kepada seluruh bakal pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, 11-12 Januari 2018 lalu.

Setelahnya, RSUP Adam Malik kembali melakukan tes sejenis pada 13-14 Januari 2018. Akan tetapi tes tersebut ditujukan kepada bakal paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah di delapan kabupaten/kota di Sumut yang menggelar Pilkada serentak 2018.

Kedelapan daerah yang menggelar Pilkada serentak 2018 di Sumut adalah Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Batubara, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kota Padang Sidempuan.

Ketua tim pemeriksaan kesehatan Pilkada Sumut 2018, dr. Ramlan Sitompul mengatakan, sebanyak 56 orang atau 28 bakal paslon akan mengikuti tes pemeriksaan tersebut.

Menurutnya, tes yang dijalani 28 bakal paslon tidak berbeda dengan tes yang dijalani oleh bakal Cagub dan Cawagub Sumut sebelumnya yang meliputi tes medis, psikologi dan bebas narkoba.

"Hanya saja karena jumlah orang yang menjalani tes lebih banyak, maka tes dibagi menjadi dua kelompok agar pelaksanaannya lebih efisien," kata dr. Ramlan kepada Analisadaily.com, Minggu (14/1).

Dia mencontohkan, pada hari pertama, kelompok A menjalani tes psikotes dan bebas narkoba, sedangkan kelompok B menjalani tes medis. "Maka dihari kedua ini kebalikannya. Hal ini dilakukan untuk efisiensi," jelasnya.

Setelah rangkaian tes pemeriksaan kesehatan para bakal paslon dilakukan, selanjutnya tim medis akan memberikan hasil pemeriksaan tersebut kepada KPU Sumut.

"Besok (15 Januari 2018) kami akan melakukan pleno dan lusa (16 Januari 2018) baru hasilnya akan kami serahkan kepada KPU Sumut dan 8 KPU kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak 2018," tandasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar