Pertimbangan JPU Soal Tuntutan 20 Tahun Penjara Bandar Narkoba

Pertimbangan JPU Soal Tuntutan 20 Tahun Penjara Bandar Narkoba

Kejaksaan Negeri Asahan.

(aln/rzd)

Senin, 7 Agustus 2017 | 22:06

Analisadaily (Asahan) - Bandar narkoba ASP alias Z alias JS yang dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar telah melakukan pemufakatan jahat, menawarkan untuk dijual dan menjual narkoba golongan satu sejak 2011 sampai dengan 2015.

Hal itu diketahui setelah JPU Nisye Sepriasi membacakan tuntutan dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kisaran, dipimpin majelis hakim Ketua Nelly Andriani dengan dua anggota masing-masing Miduk Sinaga dan Ahmad Abib, Senin (7/8).

Menurut JPU, terdakwa juga termasuk dalam Daftar Pencaharian Orang (DPO) Sat Narkoba Polres Asahan karena terlibat dalam beberapa kali kejahatan narkotika. Sehingga, terdakwa yang tinggal di Jalan Durian, Lingkungan I, Kelurahan Kisaran Naga, Kecamatan Kisaran Timur, telah melakukan tindak pidana pemufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I yang beratnya melebihi 5 gram di tahun 2011 sampai dengan 2015.

Berdasarkan dakwaan yang dibacakan sebelumnya, 14 April 2011 pukul 08.00 WIB, seorang saksi Irwansyah Nasution alias Dede ke rumah terdakwa mengambil narkoba jenis sabu sebanyak 0,65 gram dan akhirnya saksi berhasil ditangkap.

Begitu juga pada 10 Oktober 2013, saksi Aminullah Samosir alias Minul juga menerima bungkusan plastik klip dari terdakwa dan kemudian berhasil ditangkap pada malam harinya.

Selanjutnya pada 18 Maret 2015 sekitar pukul 21. 00 WIB di warung tuak pinggir sungai, Pasar Lama, saksi Hermanto Lubis alias membeli 20 gram narkotika jenis sabu dari terdakwa dengan harga Rp 900 ribu. Kemudian pada 21 Maret 2015 sekitar pukul 04.00 WIB, saksi ditangkap pihak kepolisian.

(aln/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar