Pertamina Dorong Masyarakat Gunakan BBM Berkualitas

Pertamina Dorong Masyarakat Gunakan BBM Berkualitas

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, M Roby Hervindo.

(rel/rzd)

Kamis, 4 April 2019 | 18:32

Analisadaily (Medan) – Pihak Pertamina terus berupaya mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan Bahan Bakar Minya (BBM) berkualitas, seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertalite, dan Pertamina Dex.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, M Roby Hervindo mengatakan, upaya mendorong masyarakat menggunakan BBM berkualitas banyak dilakukan melalui sosialisasi. Hal ini untuk menggungah kesadaran masyarakat.

“Agar masyarakat dapat melihat bagaimana keuntungan memakai BBM berkualitas,” kata Roby, Kamis (4/4).

Dijelaskannya, dari sisi kendaraan sendiri, secara teknis menggunakan BBM yang Research Octane Number (RON) 90 dan RON 92 lebih efisien dibandingkan menggunakan BBM yang RON 88. Tidak hanya itu, kendaraan yang menggunakan BBM RON 90 dan RON 92 dari segi perawatan juga dinilai lebih bagus.

“Karena, jarak tempuhnya lebih jauh, kemudian terhadap mesin kendaraan juga lebih baik,” jelasnya.

Roby juga menyebut, di samping itu juga ada faktor-faktor lain dengan menggunakan BBM berkualitas, yaitu lebih ramah lingkungan dan ekonomis. Karena RON 88 timbalnya tinggi, dan menghasilkan asap yang cukup banyak.

“Akhirnya polusi tinggi dan berpengaruh kepada kesehatan. Jadi, dari berbagai sudut, RON 88 memang kalah jauh dibandingkan RON 90 dengan RON 92,” sebutnya.

Roby menuturkan, pada Januari- Maret atau Triwulan I 2019 terjadi penurunan konsumsi BBM berkualitas di Sumut sebesar 1,2 persen. Sedangkan terjadi kenaikan konsumsi untuk Premium sebesar 11,2 persen.

“Hal ini lebih kepada pola konsumsi masyarakat seperti apa. Artinya, ketika sebagian pakai premium, otomatis sebagian pakai BBM berkulitas. Ketika yang pakai premium tambah banyak, otomatis yang pakai BBM berkualitas juga lebih sedikit,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar