Permudah Transaksi, Bank Indonesia Luncurkan QRIS

Permudah Transaksi, Bank Indonesia Luncurkan QRIS

Bank Indonesia luncurkan QRIS

(rzp/eal)

Senin, 19 Agustus 2019 | 20:42

Analisadaily (Medan) - Masyarakat Indonesia dan turis asing kini dipermudah melakukan digital payment hanya dengan melakukan scan code.

Melalui Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang diciptakan berstandar internasional, tidak lagi mempersoalkan beda bank bahkan negara, masyarakat hanya membawa uang seperlunya saja.

Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara, Andiwiana S mengatakan, QRIS pertama kali diluncurkan di Jakarta, dan saat ini di Kota Medan. Layanan terbaru ini disebut QRIS UNGGUL karena bersifat universal, gampang, untung dan langsung.

Universal berlaku di seluruh dunia, gampang karena memang mudah hanya dengan scan code sudah bisa melakukan pembayaran, untung karena memang beruntung menggunakannya, sebab cost-nya sangat rendah, langsung karena memang tidak perlu lagi melakukan apa-apa, langsung bayar ke merchant yang bersangkutan.

"Selama ini alat pembayaran dari perusahaan fintech yang ada di Indonesia harus menggunakan code masing-masing. Bank Indonesia melakukan pengaturan dengan membuat satu standar yang berlaku untuk semua," kata Andiwiana di Kantor BI Wilayah Sumut, Jalan Balaikota, Medan, Senin (19/8).

Dengan QRIS, menggunakan digital payment terbitan institusi mana pun gampang. Begitu juga dari bank mana pun, hanya menggunakan satu code. Ketika warga Indonesia traveling ke mancanegara, tidak perlu lagi melakukan apply di luar negeri, karena berlaku universal.

Selain itu, banyak kemudahan yang diperoleh, karena cukup menggunakan satu aplikasi. Operator digital payment diwajibkan saling berkomunikasi, sehingga menjadi standar internasional.

"Diberi waktu sampai Januari 2020. Mereka harus menyesuaikan QR Code. Selain digital payment institusi, merchant-merchant juga harus siap hingga 1 januari 2020. Kita juga sudah koordinasi dengan Asosiasi Pembayaran Indonesia (Aspi)," tandasnya.

(rzp/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar