Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja Tingkatkan Produktivitas

Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja Tingkatkan Produktivitas

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dalam peresmian gedung BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara, Selasa (18/12)

(rzp/csp)

Selasa, 18 Desember 2018 | 21:15

Analisadaily (Medan) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengapresiasi dan mendukung peresmian gedung baru Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah I Sumut, Cabang Medan Utara.

Menurutnya, ini merupakan perwujudan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Sebab, semakin banyak masyarakat yang terlindungi melalui keikutsertaan dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan maka produktivitas masyarakat tentunya akan semakin meningkat.

"Semakin fokus juga memberikan kinerja terbaik," kata Edy, usai meresmikan gedung BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara, Jalan Tanah Enam Ratus Medan Marelan, Selasa (18/12).

Disebutkannya, untuk ketenagakerjaan, termasuk perlindungan tenaga kerja, salah satu isu yang menjadi foku mewujudkan Sumut Bermartabat. Ia berharap kedepannya terjalin komitmen dan kerja sama yang kuat di antara keduanya.

"Khususnya, dalam menjamin kesejahteraan para pekerja di Sumut, baik secara formal maupun kelompok masyarakat yang berusaha mandiri atau dikenal dengan istilah pekerja bukan penerima upah," ungkapnya.

Agar lebih banyak masyarakat dan badan usaha yang menikmati layanan ini, Edy menyarankan dilakukan sosialisasi dan pendekatan yang proaktif. Bila perlu jemput bola, karena ini semua demi kepentingan meraka. "Kepentingan masyarakat kita," ujarnya.

Perluas Jangkauan

Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz menyampaikan, ini adalah langkah untuk terus memperluas jangkauan dan melakukan pelayanan optimal terhadap masyarakat.

"Kami juga ingin menginformasikan,sejak bulan Agustus, kami telah memberikan perlindungan kepada pahlawan devisa negara atau tenaga kerja yang bekerja di luar negeri," ucapnya.

Deputi Direktur Wilayah Sumbagut BPJS Ketenagakerjaan, Umardin Lubis mengatakan, saat ini ada sebanyak 11 Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Sumbagut, yaitu 4 di Aceh dan 7 di Sumut.

Saat ini pekerja di Provinsi Sumut yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan berjumlah sekitar 4.500.000 pekerja, baik formal maupun non formal. Untuk perusahaan, ada 40.371 perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil. 

"Khusus untuk Medan Utara, sudah terdaftar sebanyak 5.430 badan usaha dengan jumlah tenaga kerja lebih kurang 164.000 tenaga kerja," tandasnya.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar