Peran Penting Strategi Media Sosial

Peran Penting Strategi Media Sosial

Ahli Komunikasi, Erix Hutasoit

Senin, 23 April 2018 | 11:46

Analisadaily (Medan) - Lembaga-lembaga sosial perlu mendesain strategi komunikasi agar penggunaan media sosial bisa lebih efektif. Penetapan audience target, desain pesan yang kuat dan platform yang tepat akan mendukung kinerja organisasi.

Hal itu disampaikan oleh Ahli Komunikasi, Erix Hutasoit, saat memfasilitasi workshop Desain Kampanye Media Sosial di Kantor Gugah Nurani Indonesia (GNI) Medan Belawan.

"Lembaga sosial sering sekali mengerjakan pekerjaan-pekerjaan hebat. Tapi kinerja hebat itu sering tidak diketahui publik," kata Erix, Senin (23/4).

Erix menjelaskan, kehadiran media sosial telah mengubah cara organisasi berkomunikasi. Dulu lembaga sosial kesulitan mengampanyekan program karena biaya publikasi yang mahal. Lembaga sosial tidak punya dana untuk membayar konsultan komunikasi dan membiayai iklan di koran-koran ternama atau televisi nasional.

"Tapi penemuan media sosial membuat semuanya lebih murah dan cepat," sambungnya.

Hanya saja kecepatan pertukaran arus informasi di media sosial, menciptakan pertarungan kreativitas. Materi publikasi harus dibuat semenarik mungkin agar mendapat perhatian publik. Materi publikasi yang monoton akan diabaikan pengguna media sosial.

"Itu sebabnya perlu strategi komunikasi yang tepat, agar kampanye program bisa mencapai sasaran dan membawa dampak," terang ahli komunikasi yang pernah belajar di Birmingham, Inggris ini.

Erix mengatakan, lembaga seperti GNI tidak bisa sendirian menyelesaikan semua masalah sosial di Indonesia. Dibutuhkan kerjasama dengan pemerintah, lembaga sosial lainnya, masyarakat dan swasta untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

"Media sosial bisa menjadi sarana efektif dalam menjaring kerjasama itu. Melalui media sosial, kita tidak hanya berbagi kegiatan, tetapi berbagi pengalaman dan visi," paparnya.

Project Manager GNI Medan Belawan, Anwar Situmorang mengakui, di era digital ini media sosial menjadi sarana komunikasi dan wadah kampanye yang paling efektif. Melalui pelatihan manajemen kampanye media sosial ini, GNI Medan Belawan lebih memahami strategi kampanye kegiatan-kegiatan yang mereka kerjakan.

Kampanye media sosial ini sangat penting bagi kami untuk memberitahukan ke masyarakat, pemerintah daerah, NGO Lokal dan perusahaan di Belawan akan dampak program yang kami kerjakan.

"Semakin banyak orang dan organisasi yang peduli dan bekerjasama dengan kami, dampak perubahan akan lebih nyata," pungkas Anwar.

GNI Belawan merupakan lembaga sosial nonprofit yang bergerak di bidang pemenuhan hak anak melalui program pemberdayaan masyarakat. Sebagai organisasi lokal, GNI telah bekerja membantu 540 anak dari kaum miskin yang tinggal di Belawan II, Medan, Sumatera Utara.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar