Penyelundupan 7000 Ekor Belangkas Digagalkan TNI AL

Penyelundupan 7000 Ekor Belangkas Digagalkan TNI AL

Belangkas ditumpukkan di dalam palka kapal, Kamis (31/1)

(jw/csp)

Kamis, 31 Januari 2019 | 15:37

Analisadaily (Medan) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut menggagalkan penyelundupan 7.000 ekor Belangkas dari Kapal Motor Lumba-lumba di perairan Aceh Tamiang, dan mengamankan tiga anak buah kapal.

Penangkapan dilakukan saat petugas Koarmada 1 Angkatan Laut patrol, Selasa (29/1). Petugas yang saat itu patroli menggunakan KRI Patimura mencurigai keberadaan KM Lumba-lumba dengan nomor lambung GT 20 no 221/QQD berada di perairan Aceh Tamiang.

"Petugas kemudian memeriksa kapal dan menemukan di dalam Palka kapal sedikitnya 7.000 ribu Belangkas dalam kondisi mati. Kapal juga tidak dilengkapi dokumen,” kata Pjs Kadispen Lantamal I, Letda Mega, Kamis (31/1).

Dari hasil pemeriksaan, ribuan ekor Belangkas ini akan dibawa ke Thailand dan Malaysia yang nantinya kembali ke Indonesia juga akan menyelundupkan hasil pertanian berupa bawang merah.

Mega menjelaskan, karena tindakan ini para pelaku terancam hukuman lima tahun penjara. Dijerat dengan undang-undang nomor 5 tahun 1990, tentang Konservasi sumber daya alam.

"Nanti seluruh barang bukti diserahkan kepada Balai Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumut," tambahnya.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar