Pentingnya Tanggung Jawab Ditanamkan Kepada Taruna dan Taruni ATKP Medan

ATKP Medan Gelar Kuliah Umum 'Road To Millenial Way'

Pentingnya Tanggung Jawab Ditanamkan Kepada Taruna dan Taruni ATKP Medan

ATKP Medan menggelar Kuliah Umum tentang ‘Penelitian Dosen Terkait Pola Pengasuh Taruna dan Perkembangan Industri 4.0’.

(rel/rzd)

Kamis, 21 Maret 2019 | 19:24

Analisadaily (Medan) - Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan menggelar Kuliah Umum tentang ‘Penelitian Dosen Terkait Pola Pengasuh Taruna dan Perkembangan Industri 4.0’. Kuliah umum digelar di Gedung Serba Guna ATKP Medan.

Dalam kuliah umum yang diikuti tenaga pengajar dan taruna/taruni ATKP Medan menghadirkan narasumber Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan, Sugihardjo. Dalam paparannya Sugihardjo mengangkat judul ‘Road To Milennial Way’.

Direktur ATKP Medan, Suyatmo mengatakan, kuliah umum ini untuk menambah motivasi para dosen agar lebih meningkatkan penelitiannya. Sementara bagi para taruna/taruni menjadi lebih banyak wawasan di bidang transportasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya kuliah umum ini bisa menambah motivasi para dosen dan taruna/taruni ATKP Medan,” katanya, Kamis (21/3).

Sugihardjo dalam paparan kuliah umumnya menyampaikan materi pokok, antara lain kebijakan isu dan strategis, distruptive technology, serta menyoal perihal the millenial. “Di dalam dunia penerbangan begitu luas, jadi harus dipelajari betul-betul oleh para taruna/taruni,” ujarnya.

Diungkapkan Sugihardjo, kombinasi kemampuan seseorang dengan ilmu yang didapat harus sepadan, dan diharapkan mampu menguasai kompetensi di bidang ilmu penerbangan, baik itu pemandu lalu lintas udara, navigasi udara, teknik listrik bandara maupun perawatan pesawat udara.

“Keterampilan dan dkill harus dilatih dengan les dan kursus-kursus,” ucapnya.

Selain itu, sambungnya, taruna/taruni ATKP Medan harus menguasai keterampilan dan skill, sehingga bisa menguasai pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Dirinya juga memotivasi para taruna dan taruni ATKP Medan, bahwa negara maju dan bahagia karena kejujuran.

“Jangan berbuat curang dengan menghalalkan segala cara, sebagai seorang taruna harus bertekad untuk jujur di dalam menjalankan pendidikannya, sehingga akan terbawa di dunia kerja,” pesannya.

Sebelum menutup kuliah umum, Sugihardjo juga berpesan agar taruna/taruni bisa menanamkan tanggung jawab profesi pada dirinya. Salah satu contoh tanggung jawab sudah ditunjukan Petugas ATC Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu bernama Anthonius Gunawan Agung yang melaksanakan tugasnya sampai selesai, meskipun mengancam nyawanya.

“Itulah tanggung jawab yang tertanam di dalam dirinya, yang tidak meninggalkan tugasnya,” tegas Sugihardjo.

Di sela-sela kuliah umum, Sugihardjo juga mengajak seluruh tenaga pengajar dan taruna/taruni ATKP Medan serta undangan mengheningkan cipta untuk Anthonius Gunawan Agung yang meninggal dunia dalam tugasnya.

Acara juga dihadiri Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyebrangan, Sahattua, Kepala Syahbandar Belawan, Sugeng, Wakil Direktur II ATKP Medan, Dadang Kusyadi, dan Para Pejabat, Dosen, Insruktur, serta taruna  dan taruni ATKP Medan.

Kepala Badan Litbang Perhubungan, Sugihardjo, juga melakukan kunjungan ke sarana dan prasarana pendidikan yang ada di ATKP Medan, serta makan bersama dengan taruna/taruni.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar